google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Mengulik Potensi Efek Positif Putri Malu untuk Diabetesi - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengulik Potensi Efek Positif Putri Malu untuk Diabetesi

 Tanaman putri malu telah lama digunakan sebagai salah satu pengobatan alami untuk membantu mengatasi diabetes. Pasalnya, putri malu disebut-sebut mampu mengontrol kadar gula darah yang menjadi kendala para pengidap diabetes. Namun, apakah anggapan tersebut sudah terbukti secara ilmiah? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.


Apa saja manfaat tanaman putri malu untuk pengidap diabetes?

Putri malu, atau bahasa latinnya Mimosa pudica, adalah tanaman berwarna hijau yang daunnya akan terlipat dan terkulai pada malam hari, udara dingin, dan saat disentuh.

Tanaman ini bisa dengan mudah ditemukan di rerumputan liar, bahkan mungkin di kebun belakang rumah Anda.

Meski keberadaannya tidak terlalu menarik perhatian, putri malu ternyata menyimpan sejumlah potensi sebagai tumbuhan herbal untuk membantu mengatasi berbagai penyakit.

Ini karena putri malu memiliki sifat antibakteri, antivenom, antifertilitas, antikonvulsan, antidepresan, hingga afrodisiak.

Tak hanya itu, tanaman putri malu disebut-sebut juga memiliki sifat antidiabetik yang bermanfaat untuk para penderita diabetes.

Berikut ini ulasan lengkap tentang berbagai manfaat yang dimiliki tanaman Mimosa pudica untuk penyakit diabetes.

1. Menurunkan kadar gula darah

Putri malu sering kali digunakan sebagai obat alami untuk membantu mengatasi diabetes. Ini karena kemampuannya menurunkan kadar gula darah.

Sebuah studi yang dipublikasikan Jurnal Akademika Kimia pada 2017 menunjukkan adanya penurunan gula darah pada tikus yang sengaja dibuat agar mengalami diabetes.

Penurunan gula darah itu terjadi setelah tikus dengan diabetes diberikan ekstrak putri malu pada konsentrasi tertentu dalam waktu satu minggu.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa kadar gula darah turun karena ekstrak putri malu mengandung senyawa flavonoid, alkaloid, dan tanin.

2. Meningkatkan sensitivitas insulin

Putri malu juga disebut dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Hal itu setidaknya telah terbukti pada hewan percobaan yang digunakan dalam sebuah penelitian.

Studi yang dipublikasikan di International Letters of Natural Sciences menunjukkan sejumlah manfaat ekstrak tanaman putri malu terhadap tikus percobaan dengan diabetes tipe 2.

Dalam studi tersebut, tikus yang diberikan diet tinggi fruktosa mengalami peningkatan sensitivitas insulin setelah mendapatkan 500 mg/kgBB selama beberapa minggu.

Artinya, ekstrak putri malu mungkin dapat menjadi pengobatan untuk meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Namun, penelitian tambahan untuk mengonfirmasi hal tersebut tetap dibutuhkan.

3. Mengurangi risiko komplikasi diabetes

Mimosa pudica atau putri malu ternyata juga memiliki khasiat untuk mengurangi risiko komplikasi yang mungkin terjadi akibat diabetes.

Ini karena adanya aktivitas antioksidan dalam ekstrak biji tanaman putri malu. Antioksidan tersebut mampu mencegah adanya kerusakan hati yang berhubungan dengan diabetes.

Hal tersebut dibuktikan pada tikus percobaan dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Asian Journal of Biotechnology.

Penelitian lanjutan, terutama pada manusia, dibutuhkan untuk memastikan apakah putri malu benar bermanfaat untuk menangkal komplikasi diabetes.

4. Mengobati luka diabetes

Penggunaan bagian-bagian tanaman putri malu sebagai obat untuk mengatasi luka diabetes telah dilakukan sejak lama.

Beberapa penelitian yang disebutkan dalam Advanced Materials Research pun membuktikan anggapan tersebut.

Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak akar tanaman Mimosa pudica dapat mengobati luka diabetes pada tikus percobaan secara efektif.

Ekstrak akar tersebut diberikan dalam bentuk oral ataupun topikal (oles) dan keduanya sama-sama menunjukkan hal yang positif.

5. Menurunkan berat badan

Khasiat putri malu lainnya yang mungkin bermanfaat untuk pengidap diabetes adalah kemampuannya dalam menurunkan berat badan.

Hal itu terbukti dalam penelitian yang dipublikasikan di International Letters of Natural Sciences pada tikus percobaan.

Berat badan ideal merupakan hal penting yang perlu diperhatikan para pengidap diabetes.

Pasalnya, berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit lain yang berhubungan dengan diabetes.

Tips aman menggunakan putri malu sebagai obat alami diabetes

Manfaat Mimosa pudica untuk membantu mengatasi penyakit diabetes dan komplikasinya memang sudah terbukti.

Namun, bukti-bukti ilmiah tersebut kebanyakan hanya sebatas pada hewan percobaan.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan tanaman putri malu.

Sebaiknya jangan menjadikan putri malu sebagai satu-satunya cara untuk mengobati diabetes karena tanaman ini hanya bisa dianggap sebagai obat alternatif tambahan untuk diabetes.

Posting Komentar untuk "Mengulik Potensi Efek Positif Putri Malu untuk Diabetesi"