google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 15 Manfaat belimbing bagi kesehatan Tubuh Kita - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Manfaat belimbing bagi kesehatan Tubuh Kita

 Kesehatan adalah hal nomor satu bagi sebagian orang. Memiliki harta melimpah, kebutuhan serba cukup, seakan menjadi tidak ada artinya jika kesehatan tidak terjaga. Untuk menjaga kesehatan sendiri, ternyata hanya diperlukan kedisiplinan dalam diri. Seperti olahraga yang teratur, menjauhi rokok dan alkohol, dan tentunya mengonsumsi makanan yang syarat akan gizi.


Selain sayur-sayuran, buah-buahan juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan nutrient dan mineral dalam buah sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Meski begitu, pada kenyataannya masih banyak orang yang menyepelekan pola makan dengan mengonsumsi buah setiap hari.

Banyak khasiat yang dapat diambil dari setiap buah. Sebut saja buah belimbing, yang ternyata memiliki banyak manfaat jika bisa mengonsumsinya secara rutin. Apa sajakah manfaat dari buah belimbing bagi tubuh? Berikut brilio.net rangkum informasinya dari berbagai sumber, Kamis (8/11).

1. Mencegah kanker.

Ternyata kandungan flavonoid polifenol yang ada di buah belimbing telah teruji bisa mencegah penyakit kanker. Kandungan ini akan melawan dan juga membuang efek mutagenik yang disebabkan oleh radikal bebas.

Sebuah penelitian mengungkapkan, buah belimbing dapat membantu mencegah penyakit kanker. Kandungan flavonoid polifenol yang ditemukan di dalam buah ini mampu melawan efek mutagenik akibat radikal bebas dan membuangnya dari tubuh, sehingga terhindar dari risiko penyakit kronis. Selain itu, belimbing juga kaya serat, yang dapat membantu membersihkan racun di dalam usus besar.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Setiap hari tubuh membutuhkan asupan nutrient C dengan kadar tertentu. Nah, buah belimbing bisa mencukupi kebutuhkan nutrient C itu. Satu buah belimbing dapat menyumbang 50 persen nutrient C yang dibutuhkan tubuh.

3. Menjaga stabilitas tekanan darah.

Untuk yang memiliki tekanan darah tinggi, tenang, buah belimbing aman dikonsumsi. Justru malah sangat baik untuk penderita hipertensi, karena dapat menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi rutin dalam bentuk jus. Namun, untuk penderita penyakit ginjal tidak disarankan mengonsumsi buah ini karena dapat memberikan dampak buruk.

4. Menurunkan berat badan.

Kamu yang sedang diet, cocok banget mengonsumsi buah belimbing. Karena buah belimbing minim kalori, dan memiliki kandungan serat yang banyak. Selain itu, jika bisa mengonsumsi belimbing secara rutin, kamu juga dapat mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh, sehingga bisa mempercepat penurunan berat badan.

5. Melancarkan penceraan.

Buah belimbing dikenal memiliki banyak serat. Serat inilah yang dapat merangsang pergerakan sisa makanan di dalam perut sehingga dapat mudah dikeluarkan. Serat juga dapat mengeluarkan racun dari usus besar. Ditambah lagi, serat belimbing dipercaya dapat memudahkan usus menyerap nutrisi makanan.

6. Menyembuhkan masalah kulit.

Jika kamu memiliki masalah peradangan kulit, buah belimbing ini bisa menjadi solusi. Kandungan antioksidan flavonoid selain dapat menangkal radikal bebas, juga dapat mengurangi risiko peradangan pada kulit. Selain itu, nutrient C di dalam belimbing juga dapat mengeluarkan racun dari tubuh, dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembab.

7. Menjaga stabilitas gula darah bagi penderita diabetetes.

Buah belimbing aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bahkan, buah ini bagus untuk orang yang memiliki riwayat diabetes karena dapat mengontrol kadar gula darah dan mengurangi kolestero

8. Menjaga kulit dan rambut tetap sehat.

Nutrient C memang berguna banyak. Selain dapat menjaga kesehatan kulit, nutrient C yang cukup di dalam tubuh juga dapat memelihara kolagen dan protein penting yang ada pada rambut. Jadi, konsumsi belimbing rutin untuk mendapatkan manfaat ini ya.

9. Memelihara jantung.

mengonsumsi belimbing juga berdampak baik untuk kesehatan jantung, karena kandungan di dalam belimbing dapat menyingkirkan plak dalam pembuluh darah sehingga dapat melancarkan peredaran darah pada organ tubuh, termasuk jantung.

10. Merangsang produksi ASI.

Mungkin tidak semua orang tahu tentang manfaat buah belimbing pada ibu menyusui. Ternyata kandungan buah belimbing dapat merangsang produksi ASI dan melancarkan kelenjar susu yang tersumbat pada ibu muda. Jadi untuk ibu yang tengah menyusui, selain daun katuk, bisa mengonsumsi buah belimbing.

11. Meningkatkan kepadatan tulang dan gigi.

Kandungan zat besi, magnesium, fosfor, seng, dan juga kalsium yang ada di buah belimbing dapat menambah kepadatan tulang dan gigi. Sehingga buah ini cocok untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan radang sendi.

12. Efek penurun kolesterol.

Pernahkah kamu mengecek kolesterol di dalam tubuh? Jika kamu mendapati banyak kolesterol di dalam tubuhmu, ada baiknya kamu mengonsumsi buah belimbing secara rutin. Karena buah ini bisa meningkatkan pembuangan kolesterol, asam empedu dan lipid melalui kotoran. Sehingga kadar kolesterol dalam tubuh joke dapat terkurangi.

13. Mengobati sariawan.

Tidak perlu ditanyakan lagi, selain serat, buah belimbing juga memiliki kandungan nutrient C yang tinggi. Tentunya kita semua tahu bahwa nutrient C ini sangat berguna untuk mengobati sariawan. Jadi, jangan lupa konsumsi belimbing saat sariawan datang melanda.

14. Membantu compositions penyembuhan.

Untuk kamu yang tengah sakit dan membutuhkan compositions penyembuhan, belimbing mungkin bisa menjadi salah satu solusi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun, akar, dan buah belimbing dapat dijadikan sebagai antioksidan yang berkhasiat untuk compositions penyembuhan.

15. Hostile to ulkus atau tukak.

Jika memiliki riwayat penyakit maag, kamu bisa coba buah belimbing sebagai obat penyembuh. Ekstrak daun dan buah belimbing memiliki kandungan terpenoid, flavonoid dan lendir. Lendir dalam buah belimbing inilah yang dapat melindungi lapisan lambung, sehingga membantu menghindari kerusakan akibat gastritis.

Posting Komentar untuk "15 Manfaat belimbing bagi kesehatan Tubuh Kita"