google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 10 Manfaat Sayur Buncis untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi Penting - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Sayur Buncis untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi Penting

 Manfaat sayur buncis menawarkan kebutuhan nutrisi untuk tubuh. Sayuran yang termasuk polong-polongan ini kerap diolah menjadi tumis yang lezat. Buncis juga biasa direbus dan menjadi pelengkap makanan sehat lainnya.


Sayur buncis memilik rasa manis, gurih, dan segar. Tak hanya lezat, manfaat sayur buncis juga perlu diperhitungkan. Manfaat sayur buncis ini mampu memenuhi nutrisi harian tubuh.

Manfaat sayur buncis kaya akan vitamin A, C, dan K, serta asam folat dan serat. Buncis juga merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang kuat. Manfaat sayur buncis ini mirip dengan kacang polong dan okra.

Manfaat sayur buncis dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung tertentu, meningkatkan penglihatan, dan bahkan membantu mencegah cacat lahir. Konsumsi sayur buncis dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Berikut 10 manfaat sayur buncis yang berhasil:

1. Sehatkan jantung

Sayur buncis tinggi serat dan nol kolesterol yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Serat larut dapat membantu menurunkan kolesterol jahat yang mendukung kesehatan jantung. Kolesterol yang terkontrol juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan. Magnesium dalam buncis juga dapat berperan dalam menjaga kesehatan jantung.

2. Kontrol gula darah

Dilansir dari Stylecraze, studi menunjukkan bahwa buncis dapat menginduksi efek metabolik yang menguntungkan pada individu dengan diabetes. Buncis juga termasuk sayuran yang bersifat non-tepung di mana ia mengandung lebih sedikit karbohidrat. Manfaat sayur buncis ini mampu mengontrol tekanan darah dalam tingkat typical.

3. Baik untuk kehamilan

Buncis kaya akan folat, nutrisi yang sangat penting selama kehamilan. Folat bertanggung jawab atas produksi sel darah merah dalam tubuh manusia. Ini juga berperan dalam mengembangkan sistem saraf embrio. Buncis juga mengandung zat besi yang dapat mencegah iron deficiency dan meningkatkan kesuburan.

4. Cegah stres

Memenuhi kebutuhan folat harian juga dapat meringankan stres. Konsumsi folat yang cukup dapat mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh. Kelebihan homosistein dapat menghentikan darah dan nutrisi lain dari mencapai otak, dan itu dapat mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

5. Kuatkan tulang

Buncis kaya akan vitamin K yang merupakan nutrisi penting untuk tulang. Konsumsi vitamin K dapat memodifikasi protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mengurangi ekskresi kalsium urin. Senyawa ini mengunci molekul kalsium di dalam tulang, menguatkan mereka dari dalam.

Pastikan untuk merendam buncis selama beberapa jam sebelum dimasak untuk mengurangi kadar fitat. Fitat diketahui dapat menghambat penyerapan nutrisi tertentu, termasuk kalsium.

6. Cegah kanker

Buncis mengandung saponin, gamma-tocopherol, dan pitosterol yang semuanya merupakan senyawa dengan sifat against karsinogenik. buncis juga mengandung klorofil dalam jumlah tinggi. Klorofil dapat memblokir efek karsinogenik dari amina heterosiklik yang dihasilkan ketika memanggang daging pada suhu tinggi. Ini sebabnya buncis kerap hadir sebagai pelengkap dalam steak atau grill.

7. Sehatkan pencernaan

Sayur buncis sangat tinggi serat. Manfaat sayur buncis dapat melancarkan dan mendukung kesehatan pencernaan. Serat larut dan tidak larut dalam buncis mampu melancarkan pencernaan dan membantu mencegah sebagian besar bentuk kanker pencernaan. Konsumsi buncis uga bisa membantu mengobati gejala sindrom iritasi usus.

Buncis juga memiliki sifat diuretik yang kuat. Ini dapat berfungsi sebagai detoksifikasi dan membantu membersihkan tubuh dari racun yang tidak diinginkan.

8. Kontrol berat badan

Kacang hijau adalah sumber mineral yang baik, terutama mangan. Mineral esensial ini mendukung metabolisme dan memiliki kemampuan antioksidan.

Buncis mampu mendukung kelancarakan metabolisme. Efek ini mendukung penurunan berat badan dan memastikan berat badan berada dalam angka yang ideal. Buncis juga rendah kalori yang sangat cocok sebagai makanan diet.

9. Tingkatkan kekebalan tubuh

Buncis mengandung karoten dan merupakan sumber vitamin A yang sangat baik. Vitamin A merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk melawan peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A penting untuk kesehatan kekebalan tubuh, reproduksi, dan penglihatan sehat.

Buncis juga mengandung L-ascorbic acid yang merupakan antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrient ini juga membantu melindungi kulit dari stres oksidatif. Buncis juga merupakan sumber protein yang dapat meningkatkan kualitas imun.

10. Sehatkan pengelihatan

Vitamin A pada sayur buncis juga mendukung kesehatan pengelihatan. Sayur buncis juga merupakan sumber lutein dan zeaxanthin tinggi, dua antioksidan penting yang meningkatkan kesehatan penglihatan.

Asupan lutein dan zeaxanthin yang lebih tinggi juga dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia. Lutein dan zeaxanthin juga membantu meningkatkan kepadatan optik pigmen makula.

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Sayur Buncis untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi Penting"