google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Mengenal 17 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 17 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh

 Selain sebagai bumbu penyedap, daun salam ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat daun salam akan dijabarkan pada penjelasan berikut ini. Oleh Daun salam merupakan salah satu tanaman natural yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan daun salam.


Biasanya daun ini ada disetiap masakan Indonesia. Daun salam merupakan tanaman natural yang umum digunakan sebagai penyedap rasa karena mempunyai fragrance khas yang membuat makanan semakin nikmat. 

Selain sebagai bumbu penyedap, daun salam ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat daun salam akan dijabarkan pada penjelasan berikut ini. Kandungan Daun Salam Sebelum mengenal berbagai manfaat dari daun salam, tak ada salahnya mengetahui terlebih dahulu kandungan yang ada di dalam tanaman natural yang satu ini. 

Daun salam ini memiliki beberapa nutrient dan senyawa baik seperti nutrient B2, nutrient B3, nutrient C, Tannin, Alkaloid, Steroid, Triterpenoid, dan Falvonoid. Kandungan ini yang membuat daun salam memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. 

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan Menjaga kesehatan banyak sekali caranya, salah satunya dengan mengonsumsi obat natural. Daun salam ternyata bisa berfungsi sebagai obat natural yang baik untuk kesehatan. Berikut ini manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh 

1. Obat natural untuk asam urat 

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Mereka yang menderita asam urat seringkali merasakan nyeri yang membuat aktivitas menjadi terganggu. 

Kandungan asam urat yang tinggi membuat rasa nyeri tersebut terasa sangat menyakitnya. Untuk mengobati penyakit ini bisa menggunakan daun salam. 

Notice Tanaman natural ini memiliki kandungan kuersetin, miristin, dan mirisetin yang bisa menurunkan kadar asam urat. Daun salam juga bisa mengahmbat aktivitas dari xantin oksidase yang menyebabkan asam urat meningkat. 

2. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol 

Manfaat daun salam lainnya yakni bisa menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang ada di dalam tubuh.

 Kandungan flavonoid yang cukup tinggi dalam daun salam mampu menurunkan tekanan darah. Kandungan Quercetin yang ada di dalam tanaman rempah ini juga mampu menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh. 

3. Mengobati stroke 

Penyakit lainnya yang dipercaya bisa diobati dengan menggunakan daun salam yaitu stroke. Anda bisa merebus sekitar 50 gram jantung pisang yang di campur degan 10 lembar daun salam. Makan jantung pisang dan daun salam tersebut jika sudah matang. 

4. Menurunkan kadar gula darah 

penyebab diabetes Kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan penyakit diabetes. Penyakit ini merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sulit di sembuhkan. 

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko dari penyakit ini yaitu dengan menurunkan kadar gula dalam darah. Daun salam ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula penyebab diabates.

Manfaat daun salam untuk kesehatan ini karen memiliki kandungan flasvonoid yang mampu menurunkan kadar gula dengan cepat. Anda bisa meracikanya di tambah dengan bahan alami lain seperti kumis kucing. Rebus kedua bahan tersebut lalu minum air hasil rebusannya. 

5. Menyembuhkan peradangan pada lambung 

Manfaat lainnya dari daun salam yaitu bisa menyembuhkan peradangan lambung. Peradangan yang terjadi di lambung bisa menyebabkan gangguan lain pada saluran pencernaan. 

Selain itu lambung yang meradang juga bisa membuat siapa saja yang menderitanya merasa tidak nyaman.

Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengobatinya Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa merebus daun salam sebanyak 30 gram ditambah dengan daun sambiloto yang sudah kering sebanyak 30 gram, gula batu, dan air. Rebus sampai mendidih dan tersisa sedikit air. Kemudian minum ramuan natural tersebut. 

6. Mengobati diare 

Masih berhubungan dengan saluran pencernaan, gangguan diare juga bisa diobati dengan menggunakan daun salam. Daun salam memiliki kandungan etanol yang bisa memperlambat pertumbuhan bakteri E. coli, Salmonella sp., dan Vibrio cholera. 

Bakteri-bakteri tersebutlah yang biasanya menyebabkan diare. Dengan menghambat pertumbuhan bakteri ini, diare akan lebih cepat sembuh. 

7. Menyebuhkan sakit pada gigi 

Jika sudah sakit gigi, maka seluruh aktivitas makan menjadi kurang nyaman. Sakit gigi juga bisa menyebabkan aktivitas lain terganggu. Untuk meredakan sakit gigi sebenarnya sudah banyak cara dan obatnya, salah satu obat natural yang bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi yaitu daun salam. 

Manfaat daun salam untuk kesehatan untuk sakit gigi, karena kandungan flavonoid yang dimilikinya bersifat antiinflamasi dan antimikroba. Tidak hanya itu, daun salam juga memiliki kandungan minayk asiri uang bersifat analgesik. 

Anda bisa mengobati sakit gigi yang diderita dengan merebus daun salam secukupnya kemudian berkumur menggunakan air rebusan tersebut. Cara ini tidak hanya bisa meredakan nyeri karena sakit gigi, tapi bisa membunuh bakteri Streptococcus sp. yang biasanya ada di dalam mulut. 

8. Mengobati luka 

Manfaat rebusan daun salam selanjutnya yang bisa dirasakan yaitu bisa menjadi obat luka. Daun salam memiliki kandungan antiinflamasi sehingga bisa mengobati luka dengan mudah. 

9. Menjaga imun tubuh Di masa pendemi seperti saat ini, kondisi tubuh sehat adalah aset yang withering berharga. Banyak orang yang sampai rela memborong nutrient dengan harga yang tidak murah, hanya demi menjaga imunitas tubuhnya. 

Padahal salah satu manfaat daun salam yang biasa dijumpai dimasakan yaitu untuk menjaga imun tubuh.

 Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi Daun salam memiliki kandungan baik seperti betaocimene, 1,8 cineol, alfapinen, dan betapinen yang bisa menjadi antivirus. Selain itu, kandungan 1,8 cineol yang ada di dalam daun salam juga bisa menjadi against bakteri dan hostile to jamur. 

Dengan konsumsi daun salam rutin dan dalam kadar yang wajar, imun tubuh Anda akan tetap terjaga, sehingga terhindar dari berbagai risiko penyakit. 

10. Melawan radikal bebas 

Selain bersifat antivirus, antibakteri, dan antijamur, daun salam juga memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Radikal bebas merupakan sebutan untuk sel yang rusak dan berdampak buruk bagi tubuh. 

Radikal bebas bisa disebabkan banyak faktor, salah satunya polusi udara. Untuk menjaga tubuh agar tidak memiliki radikal bebas, Anda bisa memanfaatkan tanaman hebal daun salam ini. 

11. Mengobati darah tinggi 

Atau hipertensi Penyakit darah tinggi juga sering diderita banyak orang. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Untuk itu, anda bisa menggunakan daun salam untuk mengobati penyakit ini karena salah satu manfaat daun salam untuk kesehatan yaitu mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Hal ini disebabkan sifat antioksidannya yang cukup tinggi. 

12. Menurunkan berat badan 

Bagi anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, tidak ada salahnya mencoba memanfaatkan daun salam. Campuran daun salam dengan kayu manis dipercaya bisa menurunkan berat badan dengan cepat dan membakar lemak di dalam tubuh. 

Daun salam memiliki kandungan diuretik yang bisa merangsang tubuh mengeluarkan cairan yang tidak diperlukan dengan cepat. Senyawa aktif lain yang ada di dalam daun salam juga dipercaya bisa mempercepat pengempisan perut. 

Manfaat Rebusan Daun Salam untuk Mandi Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, daun salam juga masih memiliki manfaat lainnya. Salah satunya digunakan pada saat mandi. Meski jarang dilakukan, namun manfaat rebusan daun salam untuk mandi cukup beragam. Penasaran apa saja? Yuk simak penjelasan berikut.

13. Menghilangkan stres 

Berendam dengan menggunakan rebusan daun salam ternyata bisa meredakan stres dan membuat pikiran menjadi segar/new kembali. Kandungan senyawa baik yang ada di dalam daun salam bisa membuat tubuh menjadi lebih segar. 

Anda bisa mencoba menggunakan daun salam saat merasa sedang kurang fit dan butuh rileksasi tanpa perlu pergi ke salon atau ke tempat perawatan. 

14. Menghilangkan pegal pada badan 

Bekerja setiap hari tentu bisa membuat tubuh menjadi lelah dan terkadang merasa pegal-pegal. Untuk mengatasinya, banyak orang yang lebih memilih pijat. Namun selain pijat, 

Anda bisa juga menggunakan daun salam untuk menghilangkan pegal-pegal di badan. Rebus daun salam dan gunakan air rebusan tersebut untuk berendam selama kurang lebih satu jam. Tubuh Anda kembali segar dan rasa pegal-pegal menjadi berkurang. 

15. Menghilangkan gatal-gatal 

Manfaat rebusan daun salam lainnya yang bisa Anda rasakan yaitu untuk menyembuhkan gatal di badan. Gatal-gatal yang terkadang secara tidak disengaja dirasa, bisa disebabkan banyak hal, salah satunya alergi. 

Untuk meredakan rasa gatal yang ada di badan, Anda bisa mandi dengan campuran air rebusan daun salam. 

16. Melembabkan kulit 

Daun salam bermanfaat untuk melembabkan kulit. Kulit yang kering akan membuat siapa saja merasa tidak nyaman. Sudah banyak produk perawatan untuk melembabkan kulit yang kering, namun tidak ada salahnya bagi Anda yang memiliki kulit kering melakukan perawatan dengan menggunakan daun salam. 

17. Menghilangkan ketombe dan rambut rontok 

Selain berdampak pada kulit, manfaat rebusan daun salam selanjutnya bisa menjadi salah satu pilihan cara menghilangkan ketombe dan mengatasi permasalahan rambut rontok secara alami. 

Anda bisa merebus daun salam kemudian keramas dengan menggunakan air rebusan tersebut untuk membersihkan rambut. Pastikan air rebusan tersebut telah dingin agar tidak akan melukai kulit kepala. 

Mudah, Cepat, dan Alami Itulah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh yang bisa kita manfaatkan. Untuk bisa mendapatkan khasiat secara ideal, Anda tidak diperkenankan mengonsumsinya dalam j

Posting Komentar untuk "Mengenal 17 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh"