google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Ketahui 10 Manfaat Daun Brotowali Termasuk Untuk Diabetes - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui 10 Manfaat Daun Brotowali Termasuk Untuk Diabetes

 Daun brotowali umumnya sudah diketahui secara umum bisa digunakan sebagai obat home grown atau tradisional. Daun brotowali juga disebut sebagai Giloy atau Tinospora Cordifolia diketahui sering digunakan sebagai pengobatan.


Ahli Gizi Anshul Jaibharat yang berbasis di Delhi, India, mengatakan brotowali punya khasiat untuk kesehatan. Tak hanya daunnya, batang Giloy memiliki kegunaan maksimal. Bahkan akarnya juga bisa digunakan.

"Manfaat dan kegunaannya bahkan telah disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration) AS," tambah Anshul Jaibharat.

Selama ini brotowali dapat dikonsumsi dalam bentuk jus, bubuk atau kapsul dan rebusan. Seperti dilansir dari NDTV, Selasa (1/9), berikut 10 manfaat brotowali untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Imunitas

Brotowali dianggap sebagai ramuan general yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Brotowali adalah pembangkit tenaga antioksidan yang melawan radikal bebas, menjaga sel tetap sehat dan menyingkirkan penyakit. Brotowali membantu mengeluarkan racun, membersihkan darah, melawan bakteri penyebab penyakit dan juga memerangi penyakit hati dan infeksi saluran kemih.

2. Mengobati Demam Kronis

Pakar Kesehatan Dr. Ashutosh Gautam, Baidyanath mengatakan daun brotowali membantu menyingkirkan demam yang berulang. Karena daun ini bersifat hostile to piretik dan dapat mengurangi tanda dan gejala dari beberapa kondisi seperti Demam Berdarah Dengue, influenza babi, dan jungle fever.

3. Meningkatkan Pencernaan

Brotowali sangat bermanfaat dalam meningkatkan pencernaan dan mengobati masalah terkait usus. Anda bisa mengonsumsi setengah gram bubuk brotowali dengan kunyit secara teratur untuk memaksimalkan hasil, atau dengan gula jawa untuk mengobati sembelit.

4. Mengobati Diabetes

Menurut Ahli Kesehatan Dr. Manoj K. Ahuja dari Rumah Sakit Fortis, brotowali bertindak sebagai agen hipoglikemik dan membantu mengobati diabetes (khususnya diabetes tipe 2). Jus brotowali membantu mengurangi kadar gula darah yang tinggi.

5. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Brotowali dapat digunakan sebagai ramuan adaptogenik juga. Ini membantu mengurangi stres serta kecemasan. Daun brotowali membantu membuang racun, meningkatkan memori, menenangkan, dan menjadi tonik kesehatan yang sangat baik jika dikombinasikan dengan home grown lain.

6. Mengatasi Masalah Pernapasan

Dr. Ashutosh lebih lanjut menambahkan, brotowali terkenal dengan manfaat hostile to inflamasi dan membantu mengurangi masalah pernapasan. Seperti sering batuk, pilek, amandel

7. Mengobati Arthritis

Daun brotowali mengandung sifat hostile to inflamasi dan against rematik yang membantu mengobati joint pain dan beberapa gejalanya. "Untuk nyeri sendi, bubuk dari batangnya bisa direbus dengan susu dan dikonsumsi," ujar dr Ashutosh. Dapat digunakan bersama dengan jahe untuk mengobati rheumatoid joint inflammation.

8. Mengurangi Gejala Asma

Asma menyebabkan dada sesak, sesak napas, batuk. "Mengunyah akar brotowali atau minum jus brotowali membantu pasien asma dan sering direkomendasikan oleh para ahli", tambah Dr. Manoj K. Ahuja.

9. Meningkatkan Penglihatan

Di beberapa bagian India, tanaman ini diaplikasikan pada mata karena membantu meningkatkan kejernihan penglihatan.

10. Mengurangi Tanda Penuaan

Tanaman brotowali mengandung sifat hostile to penuaan yang membantu mengurangi flek hitam, jerawat, garis halus dan kerutan. Sehingga memberi kulit terkesan bercahaya.

Posting Komentar untuk "Ketahui 10 Manfaat Daun Brotowali Termasuk Untuk Diabetes"