google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 9 Manfaat Daun Bidara: Sembuhkan Luka hingga Turunkan Kolesterol - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Manfaat Daun Bidara: Sembuhkan Luka hingga Turunkan Kolesterol

 Punya bentuk pohon dan buah kecil unik, manfaat daun bidara ternyata luar biasa bagi kesehatan. Cara menggunakannya joke mudah.

Bidara merupakan tanaman yang biasanya memiliki ukuran sedang. Pohon ini bisa tumbuh dengan pesat dan subur, bahkan mampu beradaptasi dengan kondisi kering.

Beberapa penampilan mencolok dari tanaman bernama latin Ziziphus mauritiana ini adalah buahnya yang berukuran kecil namun lebat. Serta daunnya yang unik dengan bentuk membulat. Nah, bagian yang terakhir disebut inilah yang sering dimanfaatkan.

Daun bidara biasa digunakan sebagai ramuan tradisional home grown untuk mendukung kesehatan tubuh. Hal ini sudah cukup umum bagi masyarakat Indonesia. Sebelum mengenal lebih jauh khasiatnya, simak beberapa fakta menarik berikut ini:

Pohon bidara bisa tumbuh hingga belasan meter dan dipenuhi buah mungil di hampir setiap tangkainya.

Bidara dikenal dengan berbagai nama, seperti widara (Sunda), dara (Jawa), bukol (Madura), rangga (Bima) hingga kalangga (Sumba).

Daun bidara dipercaya mampu mengusir pengaruh sihir dan jin.

Air yang dicampur dengan daun bidara biasa digunakan untuk memandikan jenazah dan menghilangkan najis.

Banyak manfaat yang didatangkan dari tanaman bidara, baik itu dari daun, buah, biji hingga akarnya.

Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan

Pemanfaatan daun bidara untuk kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa diolah menjadi ramuan dengan mudah di rumah atau jika tak ingin repot, kamu bisa mengandalkan produk ekstrak daun bidara.

Khasiat daun bidara telah dikenal luas, mulai dari mempercepat penyembuhan luka, menyehatkan sistem pencernaan hingga ampuh menurunkan kolesterol. Berikut manfaat lengkapnya:

1. Menyembuhkan Luka Lebih Cepat

Berkat sifat yang antiinflamasi, ramuan daun bidara bisa membantu untuk mempercepat bagian tubuh yang terluka. Sifatnya yang juga antibakteri memastikan luka terhindar dari infeksi.

Selain itu, daun dari tanaman bidara juga dapat menghilangkan bekas luka. Karena kemampuannya yang mendukung regenerasi kulit di bagian bekas luka.

Untuk memanfaatkan khasiat yang satu ini, kamu hanya perlu merebus air dengan daun bidara. Lalu oleskan pada bagian luka secara hati-hati.

2. Mengatasi Jerawat di Wajah

Dengan sifatnya yang antiinfalmasi pula kandungan daun bidara bisa membantu mengatasi masalah jerawat pada wajah. Caranya play on words tidak sulit.

Ambil beberapa lembar daun bidara. Bersihkan dan tumbuh hingga halus. Kemudian tambahkan lemon hingga merata.

Jika sudah jadi, oleskan ramuan tersebut ke bagian muka yang berjerawat dan diamkan hingga kering. Setelah itu bilas dengan air bersih.

3. Meredakan Penyakit Flu

Kandungan di dalam daun bidara diketahui sanggup untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan infection secara efektif, termasuk kuman penyebab influenza.

Untuk mengatasi influenza, kamu bisa mengandalkan produk minyak daun bidara. Cukup konsumsi beberapa tetes dan sambil perbanyak minum air putih.

4. Membantu Mengobati Diabetes

Kandungan di dalam daun bidara mampu mengikat kadar gula berlebih dalam darah. Hal ini berdampak baik untuk mencegah maupun mengobati beberapa tipe penyakit diabetes.

5. Memperkuat Tulang dan Gigi

Daun bidara juga mengandung kalsium dalam jumlah yang lumayan untuk membantu menyehatkan dan memperkuat tulang maupun gigi. Sehingga terhindar dari kerapuhan tulang di usia tua.

6. Menyehatkan Pencernaan

Mengonsumsi rebusan daun bidara bisa membantu memperlancar sistem pencernaan dan membantu compositions pengeluaran racun di dalam tubuh. Dengan begitu, infeksi dalam saluran cerna bisa dihindari.

7. Meringankan Masalah Wasir

Bagi yang mengidap gangguan wasir, pasti akvtivitas sehari-hari akan terganggu karena rasa tidak nyaman.

Untuk meringankan masalah ini, coba rebus air dengan beberapa daun bidara. Pengobatan secara eksternal juga bisa dengan menumbuk halus daunnya dan dibalurkan.

8. Menurunkan Kolesterol

Masalah kolesterol jahat juga mampu diatasi oleh daun dari tanaman yang bisa bertahan hidup di tempat kering ini. Kamu bisa mengonsumsinya dengan merebusnya terlebih dahulu.

Kandungan serat larut dalam daun bidara diketahui mampu mengikat kolesterol dan membuangnya bersama kotoran.

9. Mengatasi Masalah Tidur

Punya masalah yang berhubungan tidur? Daun bidara mengandung saponin yang dipercaya bisa memberikan efek menenangkan. Mengonsumsi teh daun bidara bisa menghindari sleep deprivation dan meningkatkan kualitas tidur.

Posting Komentar untuk "9 Manfaat Daun Bidara: Sembuhkan Luka hingga Turunkan Kolesterol"