google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 15 Manfaat Pare: Rasa Berbanding Terbalik dengan Khasiat - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Manfaat Pare: Rasa Berbanding Terbalik dengan Khasiat

 Pare atau paria adalah sayuran yang dikenal dengan rasanya yang pahit. Hal itu membuat sayur dengan tampilan unik tidak banyak disukai orang. Namun, di balik rasanya yang pahit ternyata pare memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho.


Pare memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi bergizi. Seperti adanya kandungan nutrient, yaitu nutrient A, nutrient C, nutrient B1, nutrient B2, nutrient B3 hingga nutrient B12. Tak hanya itu, ia juga kaya mineral seperti zat besi, magnesium, kalium sampai fosfor.

Sayur yang dalam bahasa Inggris disebut severe melon ini juga kaya akan serat dan karbohidrat, serta zat antioksidan seperti flavonoid, lutein, fenol, dan zeaxanthin.

Untuk itu, pare selain dijadikan lalapan juga biasa dijadikan sebagai obat home grown atau suplemen kesehatan bagi sebagian orang.

Manfaat/Khasiat Pare untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi pare yang berlimpah membuat pare kaya akan manfaat. Mulai dari menjaga kesehatan hingga atasi berbagai penyakit. Berikut beberapa khasiat pare yang perlu kamu ketahui:

1. Menurunkan Kolesterol

Pare dapat membantu menurunkan kadar kolesterol berbahaya dalam tubuh apabila dikonsumsi dengan jumlah yang cukup.

Selain itu, pare juga kaya akan kandungan serat, kalium, dan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan jantung serta mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Mengatasi Diabetes Tipe II

sayur pare

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pare dapat membantu mengurangi kadar gula dalam tubuh melalui peningkatan metabolisme glukosa.

Kamu hanya perlu meminum satu cangkir air pare setiap hari. Namun, kamu tetap perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, ya!

3. Mengatasi Batu Ginjal

Pare memiliki manfaat yang baik untuk membantu mengatasi batu ginjal. Batu ginjal terjadi karena adanya mineral dan garam asam yang mengendap dalam urin.

Pare dapat mengurangi asam tinggi penyebab batu ginjal, sehingga dapat membantu membersihkannya dengan pemecahan secara alami. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi teh pare.

4. Mengatasi Masalah Kulit

sayur pare

Pare adalah salah satu agen pemurni darah. Oleh karena itu, pare memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kulit.

Pare dapat membantu mengobati jerawat, psoriasis, dan eksim pada kulit. Bahkan pare juga dapat memberikan efek "bersinar" pada kulit wajah, lho. Kamu bisa mencoba resep sup pare untuk mendapatkan kulit yang sehat.

5. Mengatasi Kanker Pankreas

manfaat pare

Pare ternyata juga memiliki manfaatkan kesehatan yang sangat mengejutkan, yaitu khasiat hostile to kanker. Pare terbukti dapat mengganggu produksi glukosa dalam tubuh yang berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker pankreas.

Kamu bisa mendapatkan manfaat sayur pare dengan cara meminum jus pare secara teratur.

6. Menurunkan Berat Badan

manfaat sayur pare

Pare dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Pare memiliki kandungan kalori yang sangat rendah dan sangat mengenyangkan.

Untuk itu, kamu bisa mengurangi atau mempertahankan berat badan yang sehat dengan cara memasukkan pare ke dalam menu diet kamu.

7. Menyehatkan Organ Hati

Tonik dapat meningkatkan fungsi kandung empedu, menurunkan retensi cairan, dan membantu pencernaan. Mengonsumsi tonik hati yang terbuat dari pare secara teratur akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Seperti menghindari sirosis hati dan hepatitis.

Untuk itu, kamu bisa meminum jus pare setidaknya sekali sehari untuk merasakan khasiatnya.

8. Membantu Metabolisme Karbohidrat

Metabolisme karbohidrat sangat penting bagi mereka yang mengidap penyakit Diabetes Tipe II. Karena karbohidrat akan berubah menjadi gula. Kemudian pare akan membantu memetabolisme gula tersebut.

Metabolisme karbohidrat yang lebih cepat akan menghasilkan lebih sedikit lemak yang disimpan dalam tubuh, sehingga dapat membantu penurunan berat badan. Dengan begitu, kamu bisa memelihara berat badan yang sehat.

9. Menjadi Sumber Vitamin K

manfaat pare untuk kesehatan

Nutrient K sangat baik untuk kesehatan tulang, pembekuan darah, dan hostile to inflamasi. Pare merupakan sayuran sumber nutrient K yang baik untuk tubuh.

Kamu bisa menambahkan pare ke dalam makanan kamu dengan cara menjadikannya sebagai keripik pare. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan asupan nutrient K yang cukup.

10. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Pare juga memiliki manfaat yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa mencegah potensi infeksi dan penyakit dengan memasukkan sayuran ini dalam menu makanan kamu.

Selain itu, pare juga dapat membantu mengatasi infeksi jamur secara alami dan meredakan asam lambung.

11. Meningkatkan Kesehatan Mata

khasiat pare

Pare memiliki kandungan yang kaya akan nutrient, salah satunya adalah nutrient A. Nutrient yang terkandung dalam pare ini telah terukti dapat meningkatkan kesehatan mata.

Bahkan, kandungan nutrient A, nutrient E, dan nutrient C pada pare juga diyakini dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan penglihatan pada orang lanjut usia.

12. Melawan Inflamasi

Pare memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh. Zat antioksidan dalam pare memiliki kemampuan dalam meredakan peradangan di dalam tubuh.

Untuk itu, sayur pare dipercaya memiliki khasiat untuk melawan peradangan di dalam tubuh.

13. Mencegah Kanker Payudara

Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak sayur pare terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Namun, khasiat ini masih perlu penelitian klinis lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas, efek samping, dan dosis yang diperlukan dalam melawan kanker.

14. Mengatasi Gangguan Pencernaan

khasiat sayur pare

Kandungan serat yang tinggi dalam pare sangat baik untuk memenuhi asupan gizi tubuh. Konsumsi serat yang cukup dapat membantu mencegah konstipasi/sembelit.

Namun, kamu harus memperhatikan porsi pare yang dimakan setiap harinya. Karena konsumsi pare berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping yang kurang baik, seperti muntah dan diare.

15. Mengatasi Asma

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa sayur pare memiliki manfaat hostile to histamin, against inflamasi, against infection, ekspektoran, dan suppressant (penekan) yang dapat menjadi penguat kesehatan pernapasan.

Untuk itu, pare dipercaya dapat mengatasi masalah kesehatan pernapasan. Seperti asma, rinitis, dan bronkitis.

Posting Komentar untuk "15 Manfaat Pare: Rasa Berbanding Terbalik dengan Khasiat"