google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 12 Manfaat Brokoli bagi Kesehatan, Imun hingga Cegah Kanker - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Manfaat Brokoli bagi Kesehatan, Imun hingga Cegah Kanker

 Berokoli berasal dari keluarga kubis dan dikategorikan sebagai tanaman hijau yang dapat dimakan, juga dikenal sebagai sayuran hangat dan lezat yang kaya dengan puluhan nutrisi dari setiap sayuran. Maka dari itu, ia dijuluku sebagai superfood!


Selain itu, brokoli juga kaya akan manfaat berkat kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat beragam seperti sumber nutrient, mineral, dan antioksidan. Sayuran ini juga memiliki kalori yang rendah tetapi mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang mendukung banyak aspek kesehatan manusia.

Maka dari itu, hampir setiap pola makan sehat selalu disertai oleh brokoli sebagai salah satu makanan yang dikonsumsi. Brokoli bisa dikonsumsi dengan cara dikukus, direbus, atau diolah menjadi masakan, seperti tumisan atau campuran sup.

Namun, apakah kamu tahu bahwa brokoli juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan imun? Nah, simak daftar khasiat brokoli berikut ini!

1. Menurunkan Risiko Kanker

Brokoli mampu melawan kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan sayuran lain seperti kembang kol, kubis Brussel dan kubis. Brokoli juga mengandung khasiat yang menghabiskan estrogen yang biasanya menyebabkan kanker dalam tubuh.

Selain itu, brokoli juga mengandung berbagai antioksidan yang dapat membantu mencegah jenis kerusakan sel yang menyebabkan kanker. Salah satunya adalah sulforaphane, yang merupakan senyawa yang mengandung belerang yang memberikan sayuran pahit gigitan pahit pada mereka.

Penelitian menunjukkan bahwa brokoli sangat cocok untuk mencegah kanker seperti kanker payudara dan rahim.

2. Memperkuat Tulang

Brokoli mengandung kalsium dan nutrient K tingkat tinggi dan keduanya penting bagi kesehatan tulang dan pencegahan osteoporosis.

Nutrient K berperan dalam pembekuan darah, tetapi beberapa ahli juga mengatakan bahwa nutrient K dapat membantu mencegah atau mengobati osteoporosis.

Orang dengan kadar nutrient K rendah mungkin lebih mungkin mengalami masalah dengan pembentukan tulang. Mengonsumsi banyak nutrient K dari diet dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Selain kalsium, brokoli juga penuh dengan nutrisi lain seperti magnesium, seng dan fosfor. Karena komponen ini, brokoli sangat cocok untuk anak-anak, orang tua dan ibu menyusui. Kalsium dan kolagen bekerja sama untuk menghasilkan tulang yang kuat

Lebih dari close to 100% kalsium tubuh ada di tulang dan gigi. Tubuh juga membutuhkan nutrient C untuk menghasilkan kolagen. Keduanya hadir dalam brokoli.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat brokoli kesehatan imu

Nutrient C adalah antioksidan yang memberikan berbagai manfaat yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu mencegah kanker, penyakit kardiovaskular (CVD), katarak, dan weakness.

Dalam bentuk suplemen, nutrient C juga dapat membantu mengurangi gejala pilek dan mempersingkat waktu pilek.

4. Menyehatkan Kulit

Nutrient C membantu tubuh memproduksi kolagen, yang merupakan sistem pendukung utama untuk sel dan organ tubuh, termasuk kulit. Sebagai antioksidan, nutrient C juga dapat membantu mencegah kerusakan kulit, termasuk keriput akibat penuaan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa nutrient C dapat berperan dalam mencegah atau mengobati kondisi kulit seperti herpes zoster dan kanker kulit.

5. Baik untuk Program Diet

manfaat brokoli diet

Brokoli adalah karbohidrat yang baik dan kaya serat, yang membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah, dan mengurangi nafsu makan berlebihan.

Brokoli juga bagus untuk menurunkan berat badan karena kaya akan serat. Selain itu, brokoli juga mengandung protein, sehingga cocok untuk veggie lover yang tidak dapat memenuhi kebutuhan proteinnya.

6. Mendukung Fungsi Otak

manfaat brokoli meningkatkan pusing otak

Brokoli mengandung berbagai nutrisi, salah satunya adalah kaempferol yang membantu memperlambat degradasi mental dan mendukung otak yang sehat.

Nutrisi ini telah terbukti mengurangi peradangan pada otak dan mencegah kerusakan permanen otak jika terjadi stroke.

Selain sulforaphane, komponen yang ditemukan dalam brokoli telah terbukti mendukung fungsi otak yang sehat.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat brokoli kesehatan jantung

Brokoli sangat bagus untuk kesehatan jantung karena mengandung serat, asam lemak dan nutrient yang membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh.

Ini juga membantu mengurangi kolesterol jahat, sehingga mengarah ke jantung yang sehat. Brokoli membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan juga.

Sifat hostile to inflamasi dari sulforaphane, salah satunya isothiocyanate (ITC) dalam brokoli, dapat mencegah (atau bahkan membalikkan) beberapa kerusakan pada lapisan pembuluh darah yang dapat disebabkan oleh peradangan karena gula darah kronis masalah.

8. Mendukung Kesehatan Mata

manfaat brokoli kesehatan mata

Lutein adalah zat antioksidan yang membantu menjaga kesehatan mata. Kadar lutein dalam brokoli hampir sama dengan kadar lutein dalam wortel, sama mengandung lutein yang tinggi.

Sehingga kita bisa mengganti wortel dengan brokoli untuk membantu melindungi dari degenerasi makula (kondisi yang mengaburkan penglihatan sentral) dan katarak.

Brokoli juga mengandung beta-karoten, nutrient A, fosfor, B kompleks, nutrient C dan nutrient E. Semua nutrisi ini sangat bagus untuk perbaikan kerusakan karena radiasi berbahaya karena penggunaan ponsel atau terlalu sering berada di depan layar.

9. Menjaga Kesehatan Kehamilan

manfaat brokoli kehamilan yang sehat

Memiliki kehamilan yang sehat dan persalinan yang aman dari bayi yang sehat adalah salah satu kegembiraan dari setiap orang tua di dunia ini.

Orang tua selalu ingin yang terbaik untuk anaknya dan otak bayi yang berkembang baik dengan kecerdasan adalah salah satu aspek yang bisa dibanggakan. Banyaknya nutrisi dalam brokoli menambah compositions kehamilan yang memastikan kesehatan bagi anak dan ibu.

Nutrient C dan nutrient K memperkuat tulang ibu dan folat bertanggung jawab atas perkembangan otak anak.

10. Mencegah Penuaan Dini

manfaat brokoli mencegah penuaan

Karena brokoli diperkaya dengan nutrient C yang memiliki banyak sifat antioksidan, brokoli sangat bagus untuk hostile to penuaan. Ini karena antioksidan membantu melawan radikal bebas yang bertanggung jawab atas penuaan.

Radikal bebas ini sering merusak kulit. Makan brokoli secara teratur membantu mengurangi garis-garis halus, kerutan, masalah kulit seperti jerawat dan bahkan pigmentasi.

11. Menurunkan Kolesterol

manfaat brokoli Pengurangan kolesterol

Seperti banyak makanan, brokoli dikemas dengan serat larut yang mengeluarkan kolesterol dari tubuh kita. Ini dikarenakan serat dalam brokoli membantu mengikat dengan asam empedu di saluran pencernaan.

Ini membuat pengeluaran kolesterol keluar dari tubuh kita menjadi mudah. Menurut sebuah penelitian oleh Institute of Food Research, varietas brokoli tertentu dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL darah hingga 6 persen!

12. Mencegah Sembelit

Buang air besar adalah salah satu hal penting dilakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Maka dari itu, konsumsilah sayuran berserat tinggi yang mampu mencegah sembelit, salah satunya adalah brokoli.

Nah, ternyata brokoli mempunyai banyak manfaat juga kan, Toppers? Jangan lupa untuk sering konsumsi brokoli untuk kesehatan tubuh kita, ya!

Posting Komentar untuk "12 Manfaat Brokoli bagi Kesehatan, Imun hingga Cegah Kanker"