google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 10 Khasiat Si Hitam Manis, Kedelai Hitam Yang Luar Biasa - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Khasiat Si Hitam Manis, Kedelai Hitam Yang Luar Biasa

 Masyarakat Indonesia pasti sudah akrab dengan kedelai kuning, bahan baku utama tahu dan tempe. Lantas bagaimana dengan kedelai hitam? Yuk, kita kenalan!

Varian kedelai yang satu ini memang jarang terlihat wujud aslinya. Kita lebih mengenalinya ketika sudah berubah bentuk menjadi kecap. Gab, kecap. Kecap adalah saus yang withering sering masuk ke dalam jajaran bahan masakan Indonesia. Rasanya, kecap sudah identik dengan masyarakat kita.

Pernah gak jaman kecil dulu, makan nasi putih hangat, dituang kecap, sambil dicocol ke kerupuk putih? Gee jadi kebayangan nikmatnya. Makan sesederhana itu aja rasanya udah enak ya! Memang juara sih Si hitam manis satu ini 😃

Bukan hanya rasanya yang nikmat dan cocok dengan lidah orang Indonesia, kedelai hitam sebagai bahan utama kecap ternyata memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita. Kulinas mau tahu apa saja manfaat kedelai hitam?

1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat kedelai hitam yang pertama yaitu, membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan kedelai hitam memiliki kandungan isoflavin, antosianin, dan trigliserida yang ampuh menurunkan kolesterol.

2. Melancarkan Pencernaan

Manfaat kedelai hitam yang selanjutnya yaitu, melancarkan pencernaan. Hal ini karena kedelai hitam mengandung serat yang dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh sekaligus menjadi bahan yang alami untuk mencegah sembelit.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kedelai hitam mengandung peptide yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan berfungsi untuk melawan serangan berbagai penyakit.

4. Mencegah Kanker

Kedelai hitam diperkaya dengan kandungan isoflavin sebagai zat antioksidan. Isoflavon pada kedelai mampu melawan hormon jahat yang membentuk penyakit kanker prostat dan kanker payudara. Selain itu, kedelai hitam juga diperkaya dengan fitosterol, saponin, serta zat-zat aktif lainnya yang mampu melawan penyakit kanker.

5. Mengurangi Resiko Penggumpalan Darah

Trombosis merupakan suatu kondisi terjadinya penggumpalan darah yang dapat berpotensi lethal. Kedelai hitam mampu meminimalkan risiko ini, bahkan lebih besar jika dibandingkan dengan kedelai kuning atau hijau.

6. Membantu Sirkulasi Darah dan Mencegah Gangguan Kardiovaskular

Minyak pada kedelai hitam memiliki kandungan asam alfa linolenat yang merupakan jenis asam lemak omega-3. Zat ini berfungsi menjaga kesehatan jantung. Ekstrak kedelai hitam dapat melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko gangguan kardiovaskular lainnya.

7. Mengobati Bisul

Khasiat kedelai hitam juga bisa dijadikan obat home grown alami untuk penyakit kulit, salah satunya adalah bisul. Kedelai ini dapat membantu tubuhmu mempercepat compositions pematangan bisul, sehingga dapat sembuh lebih cepat pula. Jaringan kulit jugalebih sehat karena kedelai ini kaya akan nutrient E.

8. Mencegah Penyakit Terkait Menapouse

Beberapa kasus terkait menopause yang dialami oleh wanita dapat memicu risiko penyakit, terutama penyakit yang dapat menyerang organ kewanitaan. Untuk mencegahnya, konsumsilah kedelai hitam secara rutin. Karena kedelai ini sangat menyehatkan bagi wanita untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi mereka.

9. Hostile to Penuaan Dini

Siapa sangka konsumsi kedelai hitam bisa bikin kelihatan awet muda? Kedelai yang satu ini punya kandungan hostile to penuaan dini yang alami sehingga dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan flek hitam di wajah Anda.

10. Penangkal Radikal Bebas

Kedelai hitam punya kandungan against oksidan alami yang mampu menahan paparan radikal bebas yang akan masuk ke tubuh kita.

Gimana Kulinas, jadi makin cinta sama kecap Indonesia?

Posting Komentar untuk "10 Khasiat Si Hitam Manis, Kedelai Hitam Yang Luar Biasa"