google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Tentang Minyak Nilam dan 10 Manfaat Ajaibnya Bagi Kesehatan - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang Minyak Nilam dan 10 Manfaat Ajaibnya Bagi Kesehatan

 Tanaman Nilam (Progestemon Cablin Bent) yaitu kelompok tanaman penghasil minyak atsiri. Dikutip dari buku Ida Widiastuti (Sukses Agribisnis Minyak Atsiri), minyak Atsiri merupakan minyak yang dihasilkan dari tanaman dan mempunyai sifat yang mudah menguap pada suhu kamar tanpa mengalami dekomposisi.


Minyak atsiri merupakan salah satu hasil digestion dalam tanaman yang terbentuk karena berbagai senyawa kimia dan air. Sifat minyak ini memiliki rasa getir dan berbau wangi sesuai bau penghasil tanamannya

Minyak astiri mempunyai prospek yang baik karena di samping harganya tinggi. Juga sampai saat ini minyaknya belum dapat dibuat dalam bentuk sintesis. Salah satu tanaman yang bisa menghasilkan minyak ini ialah tanaman nilam.

Minyak nilam memberikan sumbangan cukup besar dalam penghasil devisa Negara di antara minyak atsiri lainnya. Namun produksi minyak nilam di Indonesia masih terbatas dan produksinya belum ideal.

Produksi minyak nilam dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Pada tahun 2014 produksinya mencapai 2.103 ton sedangkan 2017 hanya 1.991 ton. Hal ini disebabkan karena region budidayanya mulai menurun.

Pada 2014, luas areanya mencapai 20.714 ha dan 2017 mencapai 18.592, (Direktorat Jenderal Perkebunan RI). Minyak nilam diperoleh dari hasil penyulingan daun dan tangkai tanaman nilam.

Minyak nilam merupakan salah satu minyak atsiri dengan titik didih yang tinggi sehingga sangat baik digunakan sebagai pengikat pada pembuatan parfum.

Salah satu cara penanaman nilam disana sangat unik. Para petani menutup tanaman nilam mereka dengan bekas kulit minuman cup plastik seperti teh gelas, dan sejenisnya. Pilihan tersebut didasari karena sinar matahari tidak bisa menembusnya.

Hal ini nampak dilakukan oleh para petani nilam di Kabupaten Muna Barat. Minyak tanaman nilam dapat digunakan di beberapa jenis industri.

Manfaatnya untuk industri

Industri-industri tersebut seperti: Pertama, industri makanan, untuk bahan penyedap dan penambah cita rasa pada makanan. Kedua, industri bahan pengawet yakni sebagai insektisida.

Ketiga, industri kosmetik dan individual consideration items. Dapat digunakan dalam pembuatan sabun, pasta gigi, salve, skincare, produk-produk kecantikan dan lain sebagainya.

Keempat, industry parfum. Biasa digunakan pada pengharum kamar dan untuk memberi efek penenang. Kelima, industri farmasi.

Umumnya digunakan sebagai hostile to septik, against jerawat, obat ketombe, mengurangi peradangan dan membantu penderita sleep deprivation serta meningkatkan gairah seksual.

1. Obat sakit kepala

Manfaat tanaman nilam yang pertama adalah untuk meredakan dan mengobati sakit kepala. Tanaman home grown ini mengandung senyawa pada daunnya yang mampu meredakan sakit kepala yang kamu derita, hingga migrain.

Kamu bisa merebus daun nilam kemudian meminumnya untuk meredakan sakit kepala yang kamu derita.

2. Mengatasi penyakit disentri

Daun nilam juga dipercaya dapat mengobati penyakit disentri. Disentri sendiri merupakan penyakit dengan gejala diare, mual, muntah, demam, hingga keram perut.

Selain dapat mengobati disentri, daun nilam juga dapat mencegah tubuh untuk terserang penyakit ini.

3. Obat bisul

Kandungan dari daun Nilam dapat mengobati dan meredakan penyakit bisul yang menyerang kulit. Dengan mengonsumsi rebusan daun nilam, atau membuat tumbukan daun nilam yang sebelumnya sudah direbus.

Kemudian dibalurkan ke region yang terkena bisul, diamkan hingga mengering.

4. Efektif untuk rematik

Rematik merupakan penyakit atau masalah yang sering menyerang orang tua. Namun rematik juga dapat menyerang anak muda bahkan anak-anak.

Akar tanaman Nilam dapat digunakan untuk meredakan sakit yang disebabkan oleh rematik, yaitu dengan cara meremas-remas akar tanaman nilam kemudian membalurkannya kebagian yang terasa sakit.

Diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air hangat. Manfaat ini akan terasa jika dilakukan secara terus menerus.

5. Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Jika ginjal terganggu, maka fungsi lain dari tubuh kita juga akan terganggu dan bisa saja kita terserang berbagai macam penyakit lainnya.

Maka dari itu kita harus selalu menjaga kesehatan ginjal agar tidak bermasalah atau terserang penyakit. Mengonsumsi daun Nilam yang sudah direbus akan membantu menjaga kesehatan ginjal.

Kandungan dalam daun nilam salah satunya memang dapat menjaga kesehatan ginjal yang kita miliki.

6. Mencegah infeksi

Manfaat daun Nilam selanjutnya adalah mencegah kita terkena infeksi. Infeksi adalah sebuah keadaan di mana luka menjadi lebih parah dan semakin membesar atau memburuk.

Dengan menggunakan daun nilam yang sudah diekstrak menjadi minyak atsiri, dapat mengendalikan dan mencegah terjadinya infeksi pada luka kita.

Oleskan minyak nilam atau atsiri di daerah yang terluka atau terinfeksi dan diamkan selama beberapa saat sebelum membasuhnya dengan air bersih.

7. Untuk menghilangkan jerawat

Jerawat dapat dihilangkan dengan menggunakan daun Nilam. Dengan membuat masker dari daun nilam, akan membuat jerawat yang membandel hilang dan wajah kembali bersih.

Lakukan ini sesering mungkin, karena manfaatnya tidak akan terlihat jika hanya dilakukan sekali saja.

8. Melancarkan buang air kecil

Jika kamu sering mengalami masalah sulit buang air kecil, hingga jarang buang air kecil, ada baiknya kamu mengkonsumsi rebusan daun Nilam.

Rebusan daun Nilam dapat mengatasi kesulitan untuk buang air kecil, sehingga dapat melancarkannya dan kamu akan terhindar dari perasaan yang tidak nyaman dan penyakit yang disebabkan oleh susah buang air kecil.

9. Mencegah bau badan

Mengonsumsi rebusan daun Nilam, dan mandi dengan rebusan air daun nilam dapat mengurangi masalah bau badan yang sering kamu alami.

Kandungan minyak alami dari daun ini dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau badan dan keharumannya dapat membuat kamu terhindar dari bau badan.

10. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat tumbuhan nilam yang terakhir adalah dapat menjaga daya tahan tubuh. Kandungan senyawa yang ada pada tumbuhan ini terutama pada daunnya dapat meningkatkan imunitas tubuh kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Konsumsi rebusan daun Nilam setiap hari akan membuat kamu semakin fit dan terhindar dari berbagai penyakit.

Posting Komentar untuk "Tentang Minyak Nilam dan 10 Manfaat Ajaibnya Bagi Kesehatan"