google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 8 Manfaat Air Rebusan Daun Kumis Kucing, Ini Cara Membuat Ramuannya - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat Air Rebusan Daun Kumis Kucing, Ini Cara Membuat Ramuannya

Kumis kucing merupakan tanaman dari keluarga Lamiaceae dengan nama latin Orthosiphon Aristatus. Menurut studi laboratorium, daun kumis kucing ini memiliki banyak senyawa baik dan aman dikonsumsi. Enggak heran kalau manfaat air rebusan daun kumis kucing wajib diketahui.


Terlepas dari senyawa baik yang dimiliki, seperti flavonoid (eupatorin dan sinensetin), tanin, saponin, fenol terpenoid, dan orthosiphonin (glikosida). Kemudian ada sifat antioksidan, antibakteri, antiinflamasi, dan antimikroba. Sebenarnya sudah banyak penduduk di Asia Tenggara yang memercayai manfaat air rebusan daun kumis kucing ini.

Manfaat air rebusan daun kumis kucing sangat baik untuk menujang kesehatan manusia. Mampu menjaga kesehatan ginjal, tekanan darah, gula darah, atasi alergi, kewanitaan, dan masih banyak lagi lainnya.

Sementara untuk bisa merasakan manfaatnya, daun kumis kucing bisa dibuat menjadi ramuan yang mirip dengan teh. Agar rasanya lebih nikmat, bisa mencampurnya dengan temulawak, jahe, brotowali, dan lain sebagainya.

1. Ginjal

Daun kumis kucing bisa dimanfaatkan untuk mengobati masalah ginjal. Pemanfaatan ini bisa diterapkan dengan merebus daunnya. Hal ini didukung dengan banyaknya penelitian yang menuturkan khasiat daun kumis kucing.

Menurut berbagai penelitian klinis, ramuan daun kumis kucing apat mengobati berbagai infeksi seperti infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih, sering buang air kecil dan batu kandung kemih.

Manfaat air rebusan daun kumis kucing ini berasal dari sifat diuretik yang dimilikinya. Sifat diuretik ini sangat baik untuk mengatur keluaran asam amino dan metabolisme kolin. Daun kumis kucing joke dapat melindungi cedera ginjal yang diinduksi oksalat.

2. Hipertensi

Masalah hipertensi memang sulit untuk dilihat selain melakukan pengecekan secara mandiri. Padahal menurut beberapa orang, melakukan pengecekan tekanan darah cukup merepotkan. Satu cara yang bisa diterapkan hanya menjaga tekanan darah dengan makanan yang dikonsumsi.

Mengonsumsi makanan yang bisa menjaga tekanan darah patut dilakoni. Selain mengonsumsi makanan-makanan sehat, andalkan juga manfaat air rebusan daun kumis kucing. Sebab daun kumis kucing termasuk ahlinya menjaga tekanan darah tetap typical dan menghindarkan dari hipertensi.

Daun kumis kucing mengandung Methylripariochromene A (MRC), mampu merelaksasi otot dan memperbesar pembuluh darah. Terdapat pula kalium yang baik untuk mengurangi efek sodium. Rutin mengonsumsinya akan berdampak pada penurunan tekanan darah. Jadi memang cocok dikonsumsi penderita hipertensi.

3. Rematik

Kini penderita rematik tidak perlu khawatir lagi. Ada manfaat air rebusan daun kumis kucing yang bisa membantu meredakan nyeri penderita rematik. Hal ini disebabkan karena sifat antiinflamasi yang dimiliki daun kumis kucing.

Sifat antiinflamasinya mampu memelihara fungsi persendian. Enggak heran kalau rasa nyeri dan peradangan bisa diredakan dengan mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing. Efeknya tak hanya pada persendian, tetapi bisa pula diterapkan pada ligament, ligamen, tulang, dan otot.

Rebus 5 lembar daun kumis kucing segar, daun meniran dan 3 gelas air putih hingga berubah warna. Dinginkan dan minum tiga kali sehari masing-masing setengah gelas.

4. Keputihan 

Banyak wanita yang mengeluhkan masalah keputihan. Meski keputihan adalah kondisi yang typical, tetapi terkadang juga cukup mengganggu keseharian. Apalagi jika keputihan yang dialami lebih banyak.

Untungnya ada manfaat air rebusan daun kumis kucing yang bisa diandalkan untuk mengatasinya. Daun kumis kucing ini bersifat antibakteri dan antimikroba. Sifat inilah yang nantinya mampu mengatasi keputihan di organ kewanitaan.

Pada umumnya penyebab keputihan adalah jamur dan bakteri, salah satunya bacterial vaginosis. Maka dari itu cobalah membersihkan organ kewanitaan dengan air rebusan daun kumis kucing. Jangan terlalu sering dan seperlunya saja. Selain membersihkan dengan daun kumis kucing, terapkan juga kebiasaan sehat yang lainnya.

Ambil 1 genggam daun kumis kucing, 1 genggam daun beluntas, 1 sendok jinten hitam, 10 biji kemukus dan air secukupnya. Kemudian rebus semua bahan tadi hingga mendidih. Minum 2 kali sehari secara rutin. Jika tidak suka mengonsumsi, bisa digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan saja.

5. Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kemih adalah kondisi ketika saluran kemih terinfeksi oleh bakteri. Infeksi ini umumnya terjadi pada kandung kemih dan uretra. Masalah seperti ini lebih banyak dialami wanita dibanding pria.

Selain penanganan medis, jika belum begitu parah bisa mengandalkan manfaat air rebusan daun kumis kucing. Daun kumis kucing dipercaya memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Sifat-sifat ini mampu mengatasi bakteri dan mikroba yang menginfeksi saluran kemih.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, penggunaan ramuan kumis kucing dikaitkan dengan kadar urat serum yang berkurang. Hasilnya menunjukkan efek produksi urin yang typical pada tikus.

Kumis kucing membantu mengurangi kemungkinan bakteri untuk bisa menempel pada sel-sel di dinding saluran kemih, yang dapat menimbulkan infeksi. Seseorang yang sulit buang air kecil biasanya mengalami infeksi di saluran ginjal dan kandung kemihnya.

6. Alergi

Merasakan Perih dan Gatal

Dihadapkan dengan masalah alergi memang cukup mengganggu. Beberapa orang juga tidak suka menggunakan obat salep dan obat kimia untuk mengatasi. Bagi yang merasa demikian, daun kumis kucing bisa dimanfaatkan.

Manfaat air rebusan daun kumis kucing bisa membantu meredakan gatal karena alergi. Hal ini disebabkan karena antioksidan dan antimikroba yang dimilikinya. Air rebusan ini tidak perlu dioleskan, tetapi dikonsumsi secara rutin. Agar rasanya lebih nikmat, bisa mencampurnya dengan meniran, brotowali, dan temulawak.

Siapkan setengah genggam kumis kucing. Rebus dengan meniran dan sambiloto. Ditambah dengan 4 gelas air dan 2 jari temulawak, rebus sampai mendidih. Saring ampasnya dan konsumsi sehari dua kali untuk mengurangi gatal akibat alergi

7. Gula Darah

Mengontrol gula darah bagi penderita diabetes sebenarnya tak cukup hanya dengan mengurangi konsumsi gula. Kontrol gula darah tetap harus diseimbangkan dengan pola hidup sehat seperti olahraga dan konsumsi ramuan natural.

Salah satunya bisa dengan mengandalkan manfaat air rebusan daun kumis kucing. Menurut penelitian daun kumis kucing mampu bekerja mengatasi gula darah dalam tubuh. Daun kumis kucing memiliki zat peningkat pelepasan insulin dan mengurangi kadar glukosa dalam darah.

8. Detoksifikasi

Manfaat air rebusan daun kumis kucing sebenarnya sudah dipercaya sejak lama. Bagi orang Jawa, air rebusan daun kumis kucing disebut sebagai teh Jawa. Sudah sering dikonsumsi terutama untuk detoksifikasi atau pembersihan. Daun kumis kucing mampu membersihkan tubuh dari dalam ketika dikonsumsi.

Terutama pembersihan racun dan menangkal berbagai infeksi yang berpotensi menyerang tubuh. Untuk bisa merasakan manfaatnya, coba saja untuk merebus daun kumis kucing dengan rempah seperti jahe agar rasanya lebih nikmat.

Cara Membuat Air Rebusan Daun Kumis Kucing

Masak Air Hingga Mendidih Belum Tentu Aman Dikonsumsi

Cara yang pertama bisa dengan menyiapkan 4-5 lembar daun kumis kucing. Cuci bersih daun kumis kucing ini. Lalu rebus dengan segelas air sampai mendidih. Jika sudah, air rebusan ini siap dikonsumsi sehari 3 kali.

Untuk cara yang kedua bisa dengan menyiapkan 50 gram daun kumis kucing. Kemudian daun ini dicuci dan diblender dengan air 150 ml. Saring airnya, lalu beri tambahan madu dan siap dikonsumsi.

Cara membuat ramuan daun kumis kucing ketiga cocok untuk mengatasi masalah pencernaan dan ginjal. Rebus daun kumis kucing dalam segelas air berbanding 1/4.

Dari 1/2 gelas air rebusan daun kumis kucing tersebut dapat dikonsumsi 2 kali sehari. Sedangkan untuk mengatasi diabetes dan tekanan darah tinggi, 20 helai daun kumis kucing dicampurkan ke dalam 110 ml air.

Posting Komentar untuk "8 Manfaat Air Rebusan Daun Kumis Kucing, Ini Cara Membuat Ramuannya"