google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 8 Cara Memasak Rendang Yang Benar Agar Daging Empuk ,Beserta Rasanya - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Memasak Rendang Yang Benar Agar Daging Empuk ,Beserta Rasanya

 memiliki beberapa langkah khusus agar daging tetap empuk. Makanan dari Ranah Minang ini memang menjadi kuliner favorit bagi banyak orang. Tidak hanya di Indonesia, kelezatan rendang telah diakui seluruh dunia.


Rendang selalu diincar banyak orang jika berkunjung ke Rumah Makan Padang. Daging yang empuk disertai bumbu-bumbu santan yang pedas membuat Makanan khas Sumatera Barat ini digemari seantero negeri.

Cara memasak rendang sebenarnya tidak begitu sulit, namun membutuhkan kesabaran. Agar daging yang digunakan bisa empuk, kamu perlu mengolahnya dengan baik. Membuat bumbu-bumbunya quip perlu memperhatikan langkah-langkah yang benar agar rasanya menggugah selera.

Cara Memasak Rendang yang Benar Agar Daging Empuk

Rendang daging khas Ranah Minang.

1. Lumuri daging dengan jahe parut

Sebelum daging diolah menjadi rendang, coba lumuri daging terlebih dahulu dengan parutan jahe. Lalu diamkan daging yang sudah dilumuri dengan jahe parut selama beberapa menit sebelum diolah.

Selain menggunakan jahe parut, kamu juga bisa menggunakan nanas parut. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan daging yang lebih empuk saat diolah. Hal ini tentunya sangat penting sebagau cara memasak rendang agar daging empuk.

2. Potong searah dengan serat daging yang panjang

Ukuran daging jangan terlalu kecil atau terlalu besar. Potong daging dengan tepat searah dengan serat daging yang panjang. Meski mungkin hal ini tampak sepele, tapi bisa cukup berpengaruh terhadap teksturnya ketika dimasak. Bila daging dipotong tidak searah seratnya, maka nanti ketika diolah jadi agak alot.

3. Pilih daging bagian paha

Cara memasak rendang agar daging empuk berikutnya adalah memperhatikan pemilihan bagian daging. Daging bagian paha lebih cocok diolah menjadi rendang karena teksturnya kuat dan tidak mudah hancur. Selain itu, buang juga bagian lemak daging supaya nantinya ketika diolah rendang menjadi tidak alot.

4. Daging dipukul-pukul terlebih dahulu

Sebelum daging diolah, daging yang sudah dicuci dipukul-pukul terlebih dahulu untuk memudahkan bumbu meresap ke dalam daging. Namun, jangan terlalu keras atau lama saat memukul daging. Jangan sampai daging yang akan diolah pipih dan hancur saat ingin diolah. Cara memasak rendang satu ini juga cukup penting dilakukan.

Cara Memasak Rendang yang Benar Agar Daging Empuk

5. Gunakan santan secukupnya

Penggunaan santan pada cara memasak rendang juga patut diperhatikan. Pasalnya, santan merupakan salah satu bahan utama pembuatan bumbu rendang. Kamu bisa mengikuti patokan 1:3 untuk perbandingan daging dengan santan. Jadi, setiap 1 kg daging, maka kamu perlu santan kental dari 3 buah kelapa.

6. Daging baru dimasukkan setelah bumbu dimasak

Cara memasak rendang ini bisa dicoba bila ingin mendapatkan bentuk daging yang utuh. Bumbu rendang sebaiknya dibuat dari bahan-bahan yang segar dan dihaluskan dengan cara digiling, bukan dengan blender. Setelah dihaluskan, tuang santan dan kemudian rebus bersama bumbu halus. Setelah mengental dan mengeluarkan minyak, barulah daging dimasukkan untuk dimasak hingga matang.

Jadi, kamu bisa memasak bumbunya terlebih dahulu selama sekitar tiga jam. Setelah itu, kamu baru bisa memasukkan potongan daging. Kemudian, baru dimasak sampai rendang benar-benar empuk dan matang.

7. Masak dengan programming interface kecil

Cara memasak rendang selanjutnya adalah menggunakan programming interface kecil. Hal ini dilakukan agar bumbu meresap sempurna ke dalam daging. Hal ini juga dapat membuat daging menjadi lebih empuk. Rendang kering memerlukan waktu 5-6 jam untuk dimasak, sementara itu rendang basah memerlukan waktu memasak sekitar 4 jam saja.

8. Aduk secukupnya saja saat memasak

Kamu tidak perlu mengaduk-aduk rendang setiap waktu. Hal ini hanya menyebabkan daging menjadi hancur. Cukup diaduk sesekali agar rendang yang kamu buat tidak gosong. Cara memasak rendang ini harus diterapkan dengan nerhati-hati agar daging tetap empuk dan tidak rusak.

Bahan-bahan:

- 500 gr daging

- 1 batang serai geprek

- 3 lembar daun jeruk

- 2 lembar daun salam

- 1 ruas lengkuas geprek

- 2 cm kayu manis

- 1 sdt gula merah

- 1 sdt kaldu sapi dan garam

- 1/2 sdt jintan bubuk

- 1/2 sdt merica bubuk

- Jeruk nipis

- 500 ml santan dari 1/2 kelapa

Bumbu halus:

- 4 siung bawang putih

- 6 butir bawang merah

- 2 butir kemiri

- 1/2 sdt ketumbar

- 3 cabai merah besar (buang bijinya)

- 2 cm kunyit

- 3 cm jahe

Cara membuat rendang daging sapi:

1. Cuci bersih daging, potong sesuai selera, beri perasan jeruk nipis, lalu cuci lagi

2. Haluskan bumbu, lalu tumis bumbu halus dengan serai, daun jeruk, daun salam, kayu manis dan lengkuas sampai matan

3. Masukkan daging, aduk rata, lalu masukkan santan. Masak dengan programming interface kecil sambil sesekali diaduk.

4. Kemudian masukkan garam, kaldu, jintan, merica dan gula merah, diamkan hingga bumbu meresap dan airnya menyusut.

5. Koreksi rasa, angkat dan hidangkan.

Posting Komentar untuk "8 Cara Memasak Rendang Yang Benar Agar Daging Empuk ,Beserta Rasanya"