google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 11 Manfaat Gula Aren: ‘Si Manis’ yang Cegah Obesitas - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Manfaat Gula Aren: ‘Si Manis’ yang Cegah Obesitas

sudah terkenal dengan segudang manfaatnya bagi kesehatan. Rasa manis yang ada dalam gula aren didapatkan dari pohon aren dan diproses secara alami tanpa bahan kimia. Sehingga memiliki lebih banyak khasiat dibanding gula pasir.


Sejak lama, bahan makanan yang juga disebut gula kristal ini sudah menjadi alternatif pemanis bagi penderita diabetes. Karena dikenal dengan indeks glikemik yang rendah. Sehingga dapat membantu mengontrol gula darah.

Gula aren juga memiliki kalori yang cenderung lebih rendah dibanding gula putih dan zat besi yang tinggi. Sehingga bisa meningkatkan energi bagi tubuh untuk beraktivitas.

kandungan gula aren, kalori gula aren

Gula aren memiliki berbagai khasiat dan dapat diolah dalam berbagai macam minuman atau masakan. Kabar baiknya, kalori gula aren tergolong rendah, yakni sekitar 60 kalori untuk setiap satu sendok makan. Berikut berbagai kandungan lainnya:

  • Nutrient B
  • Nutrient C
  • Magnesium
  • Potasium
  • Fosfor
  • Seng
  • Besi
  • Tembaga
  • Fitonutrien seperti polifenol
  • Flavonoid
  • Antosianin
  • Fruktosa dan sukrosa

Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan

Terdapat berbagai khasiat dari gula aren, termasuk melancarkan sirkulasi darah dan dapat mengatasi kram saat menstruasi. Namun tidak hanya itu, simak manfaat selengkapnya berikut ini:

1. Memiliki Antiseptik

Gula aren tidak hanya mengandung antioksidan, namun gula aren juga mengandung nutrisi yang berperan sebagai hostile to peradangan dan against mikroba.

Kandungan tersebut cukup membantu untuk mengatasi luka kecil maupun luka bakar karena bersifat antiseptik.

2. Melancarkan Sirkulasi Darah

Penyakit stroke, hipertensi dan penyakit jantung dapat terjadi bila sirkulasi aliran darah terganggu atau tersumbat.

Gula aren memiliki fungsi untuk memperlancar aliran darah. Sehingga Gula aren dapat membantu mencegah penyakit tersebut dengan cara mengonsumsi secara rutin dan secukupnya.

3. Dapat Menghangatkan Tubuh

Bila tempat kamu tinggal memiliki suhu rendah dan sering membuat kamu kedinginan, kamu dapat mengonsumsi gula aren pada minuman hangat kamu.

Gula aren mampu membuat tubuh menjadi lebih hangat dengan cara mencampurkan gula aren pada minuman kamu dan dikonsumsi saat tubuh merasa kedinginan.

4. Tanpa Bahan Kimia

Gula aren terbuat dari bahan alami tanpa pemanis buatan maupun bahan kimia yang berbahaya, sehingga gula aren cenderung lebih aman.

Gula aren memiliki berbagai kandungan mineral alami, termasuk kalsium, iron dan magnesium yang dapat berguna bagi kesehatan tubuh.

5. Mengatasi Sariawan pada Mulut

Sariawan dalam mulut akan sangat mengganggu dan menyakitkan, namun tidak perlu cemas karena gula aren memiliki manfaat untuk mengobati sariawan.

Gula kristal memiliki kandungan niacin dan mineral alami yang berfungsi untuk mengobati masalah sariawan dengan ampuh.

6. Menghindari Obesitas

Gula aren cukup rendah kalori, dan itu membuatnya dapat mencegah obesitas bila dikonsumsi dalam takaran secukupnya.

Kandungan yang rendah kalori dalam gula aren cukup jauh berbeda dibanding gula putih biasa. Sehingga bila dikonsumsi secukupnya dan rutin bisa membantu mencegah diabetes.

7. Memperlancar Sistem Pencernaan

Bila kamu mengalami pencernaan yang kurang lancar, kamu bisa mengonsumsi gula aren, kamu cukup mengonsumsi gula aren secukupnya untuk membantu mengatasi masalah pencernaan.

Masalah pencernaan yang terselesaikan juga menjadi solusi untuk mengontrol berat badan kamu.

8. Kram Menstruasi Berkurang

Nyeri dan kram saat menstruasi tentu cukup mengganggu aktivitas sehari-hari, untuk meredakannya, kamu bisa mengonsumsi gula merah.

Gula aren dapat menenangkan kontraksi pada otot rahim saat menstruasi. Ini dapat meredakan rasa sakit saat kram menstruasi dan kamu bisa kembali beraktivitas dengan baik.

9. Energi Tubuh Meningkat

Gula aren dapat meningkatkan energi tubuh, bila kamu merasa lelah dan tidak berenergi, kamu bisa mengonsumsi gula merah secukupnya.

Cara mengonsumsinya dengan mencampurkan gula merah pada minuman kamu, sehingga energi kamu bisa kembali dengan cepat.

10. Dapat Mengatasi Anemia

Bagi penderita paleness penting untuk mengonsumsi makanan yang memiliki zat besi tinggi. Gula aren termasuk salah satu bahan olahan yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Bila zat besi pada tubuh tidak cukup, maka tubuh tidak dapat memproduksi zat dalam sel darah merah yang memungkinkan membawa oksigen. Ini penyebab tubuh jadi mudah lelah dan pusing.

11. Lebih Aman bagi Penderita Diabetes

Gula aren memiliki inulin atau serat makanan yang memiliki fungsi untuk menjaga kadar gula darah, sehingga gula aren yang memiliki indeks glikemik yang rendah cenderung lebih aman bagi penderita diabetes.

Selain itu, fruktosa pada gula aren juta cukup rendah, sehingga lebih aman bagi penderita diabetes bila dikonsumsi secukupnya tanpa berlebihan. 

Posting Komentar untuk "11 Manfaat Gula Aren: ‘Si Manis’ yang Cegah Obesitas"