google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 11 Manfaat Apel: Kunci Sehat, Penyakit ‘Tak Berani’ Mendekat - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Manfaat Apel: Kunci Sehat, Penyakit ‘Tak Berani’ Mendekat

 "No medication can beat a healthy lifestyle," merupakan istilah populer dalam bahasa Inggris yang dapat diartikan menjadi mengonsumsi 1 buah apel per hari dapat menjauhkan kita dari dokter (terhindar dari penyakit).


Perumpamaan ini muncul pada awal abad 20. Buah ini juga ternyata sudah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic tradisional di Asia Selatan sejak 1.500 tahun yang lalu.

Meskipun penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak apel mungkin sebenarnya tidak dapat dikaitkan dengan lebih sedikit kunjungan ke dokter. Rutin mengonsumsi buah apel dapat membantu memberikan banyak manfaat. Seperti meningkatkan imunitas tubuh, hingga menurunkan risiko diabetes dan kanker.

Sebelum membahas secara lengkap mengenai manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh, berikut beberapa fakta menarik tentang apel:

Apel akan mengapung di dalam air karena 25% volumenya adalah udara. Udara ini membuat apel menjadi lebih ringan daripada air dan mengapung.

Terdapat 7.500 varietas apel di dunia. Itu berarti kamu akan membutuhkan waktu sekitar 20 tahun untuk mencoba semua varietas apel.

Fobia makan apel dikenal dengan sebutan malus domestica fear. "Malus" dan "domestica" mengacu pada istilah ilmiah untuk kebun pohon apel.

Dibutuhkan kesabaran dalam menanam pohon apel karena dibutuhkan sekitar 10 tahun bagi benih apel untuk tumbuh menjadi buah.

Kandungan Buah Apel

Tidak terbayang bahwa didalam buah berukuran segenggam tangan ini ternyata menyimpan banyak nutrisi yang dapat mengatasi penyakit dan menunjang gaya hidup sehat.

Berikut ini kandungan dalam setiap 182 gram (g) buah apel berukuran sedang:

  • Kalori: 94,6
  • Air: 156 g
  • Karbohidrat: 25,1 g
  • Serat: 4,37 g
  • Gula complete: 18,9 g
  • Kalsium: 10,9 miligram (mg)
  • Magnesium: 9,1 mg
  • Fosfor: 20 mg
  • Kalium: 195 mg
  • Nutrient C: 8,37 mg
  • Folat atau nutrient B9: 5,46 mikrogram (mcg)
  • Beta karoten: 49,1 mcg
  • Protein
  • Nutrient B1
  • Nutrient B2
  • Nutrient B3
  • Nutrient B6
  • Zinc
  • Tembaga
  • Zat besi
  • Natrium
  • Kolin
  • Nutrient A
  • Nutrient E
  • Nutrient D

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

Dengan banyaknya manfaat nutrient, serat, dan nutrisi lainnya yang terkandung didalamnya. Apel sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan baik dalam buah terbukti dapat menangkal berbagai macam penyakit mulai dari menjaga kesehatan jantung, melindungi tulang, hingga melawan asma. Berikut ini daftar khasiat buah apel untuk kesehatan:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Apel kaya akan serat dan air yang membuat orang yang mengonsumsinya akan cepat merasakan kenyang. Selain itu, beberapa senyawa alami di dalamnya dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Dalam sebuah penelitian, orang yang makan irisan apel sebelum makan merasa lebih kenyang dibandingkan mereka yang mengonsumsi saus apel, jus apel, atau tidak mengonsumsi produk apel sama sekali.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut penelitian pada hewan, pola makan yang mengandung serat larut membantu mengubah sel kekebalan yang favorable to inflamasi menjadi hostile to inflamasi yang dapat menunjang kekebalan tubuh.

Terlebih lagi, kandungan nutrient C di dalam apel dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah ulasan yang diterbitkan pada November 2017 di jurnal Nutrients menemukan bahwa nutrient C memainkan banyak peran dalam membantu fungsi sistem kekebalan.

3. Membantu Menurunkan Kolesterol

Apel berukuran sedang mengandung 5 gram serat. Apel Juga mengandung pektin, serat larut yang dapat bantu mengurangi kolesterol.

Pektin mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah, sehingga mengurangi risiko aterosklerosis dan penyakit jantung.

4. Baik untuk Kesehatan Jantung

Mengonsumsi buah apel juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Salah satu alasannya karena apel mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Buah ini juga mengandung polifenol, yang memiliki efek antioksidan.

Analisis penelitian menemukan bahwa asupan tinggi flavonoid dikaitkan dengan berkurangnya risiko stroke menjadi 20% lebih rendah.

Flavonoid juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi oksidasi LDL buruk.

5. Membantu Menurunkan Risiko Diabetes

Dalam sebuah penelitian, makan apel sehari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 menjadi 28% lebih rendah, dibandingkan dengan tidak makan apel. Bahkan hanya dengan mengonsumsi beberapa apel per minggu memiliki efek perlindungan yang serupa.

Ada kemungkinan polifenol dalam apel membantu mencegah kerusakan jaringan pada sel beta di pankreas. Sel beta menghasilkan insulin dalam tubuh yang sering kali rusak pada penderita diabetes tipe 2.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu mencegah stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan sel dan dapat menyebabkan perkembangan kanker tertentu. Apel merupakan sumber antioksidan yang sangat baik.

Satu meta-analisis dari 2016 menyimpulkan bahwa mengonsumsi apel dapat membantu menurunkan risiko kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker kolorektal.

Serat dalam apel juga dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar.

7. Melindungi Tulang

Apel juga efektif dalam memperkuat tulang dan dapat memainkan peran penting dalam kesehatan tulang secara keseluruhan.

Para peneliti percaya bahwa flavonoid yang disebut phloridzin, yang hanya ditemukan dalam apel dapat melindungi wanita pasca menopause dari osteoporosis dan juga dapat meningkatkan kepadatan tulang. Boron, kandungan lain dalam apel, juga dapat memperkuat tulang.

8. Meningkatkan Kekuatan Otak

Apel juga dikaitkan dengan peningkatan kekuatan otak. Apel dapat meningkatkan produksi asetilkolin, yang membantu membangun komunikasi yang lebih kuat antara sel saraf dan otak yang selanjutnya meningkatkan daya ingat dan menurunkan peluang untuk terkena Alzheimer.

Manfaat ini berlaku untuk jus apel buatan sendiri tanpa tambahan apapun, dan tidak untuk jus yang dibeli di toko.

9. Untuk Kesehatan Mulut, Gigi dan Gusi

Apel merupakan sumber air dan serat yang berfungsi sebagai agen pembersih. Buah apel mengandung asam malat yang meningkatkan produksi air liur, sehingga menghilangkan bakteri dari mulut.

Apel juga kaya akan nutrient dan mineral yang dapat meningkatkan kesehatan gigi. Tekstur apel yang berserat juga membantu meningkatkan kesehatan gusi kamu.

10. Membantu Melawan Asma

Apel kaya antioksidan dapat membantu melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa lebih dari 68.000 wanita menemukan bahwa mereka yang makan apel withering banyak memiliki risiko asma terendah.

Kulit apel mengandung flavonoid quercetin, yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Hal ini dapat mengurangi asma dan reaksi alergi.

11. Memiliki Efek Probiotik dan Mendukung Bakteri Usus Baik

Apel mengandung pektin, sejenis serat yang berfungsi sebagai prebiotik yang akan memberi makan bakteri baik di usus kamu.

Usus kecil tidak menyerap serat selama expositions pencernaan. Sebaliknya, ia masuk ke usus besar, di mana ia dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik.

Penelitian baru menunjukkan bahwa ini mungkin menjadi alasan di balik beberapa efek perlindungan apel terhadap obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Posting Komentar untuk "11 Manfaat Apel: Kunci Sehat, Penyakit ‘Tak Berani’ Mendekat"