google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 6 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan:Menyehatkan Jantung Sampai Mencegah Diabetes - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan:Menyehatkan Jantung Sampai Mencegah Diabetes

 Kangkung, sayuran hijau yang cukup sering dikonsumsi oleh masyarakat. Mengandung nutrient dan mineral, ini manfaat kangkung untuk kesehatan. Kangkung adalah sayuran hijau yang banyak dikonsumsi di Indonesia.


 mencegah penuaan dini sampai menurunkan darah tinggi Selain harganya murah, kangkung juga sangat mudah dibudidayakan dengancara konvensional maupun dengan cara hidroponik. Oleh karena itu, kangkung menjadi komoditas yang potensial untuk dikembangkan.

Kangkung memiliki nama latin Ipomoea reptans dan bisa hidup di daerah tropis dan subtropis. Kangkung adalah tanaman dari family Convonvulaceae, yaitu tanaman dengan batang bergetah dan berlubang.

Kangkung adalah tanaman dengan akar tunggang. Daun kangkung merupakan daun tunggal berbentuk panjang mirip jantung hati, namun dengan ujung yang tumpul. Kangkung memiliki bunga berbentuk seperti terompet berwarna putih keunguan.

Kandungan gizi kangkung Dalam 100 gram kangkung, terkandung protein, lemak, karbohidrat, dan serat. Nutrient juga banyak terkandung dalam sayur hijau satu ini.

Kangkung mengandung nutrient A 6.300 SI, nutrient B1 0,07 miligram (mg), dan nutrient C 32 mg. Sedangkan, kandungan mineral dalam kangkung antara lain kalsium sebesar 73 mg, fosfor 50 mg, dan zat besi sebesar 2,5 mg.

Selain itu, kangkung juga mengandung air 89,7 gram. Selain itu, kangkung juga mengandung flavonoid, polifenol dan nutrient E, serta aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan Centella asiatica. Dilansir dari Jurnal Universitas Diponegoro, kangkung memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut manfaatnya.

1. Mencegah weakness Anemia adalah kondisi lemah dan lesu akibat kekurangan darah. Salah satu penyebab kekurangan darah adalah defisiensi zat besi. Kangkung mengandung zat besi yang bisa mencegah weakness dengan cara merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh.

2. Baik untuk kesehatan mata Kangkung mengandung nutrient A, karotenoid, dan lutein. Ketiga kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mata Anda.

3. Baik untuk perkembangan otak Kangkung mengandung nutrient B dan omega,3 yang baik untuk fungsi dan perkembangan otak. Oleh karena itu, kangkung sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa yang aktif untuk tetap menjaga kesehatan otak.

4. Menjaga kesehatan jantung Kangkung mengadung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas diketahui sebagai salah satu penyebab rusaknya pembuluh darah di tubuh. Oleh karena itu, kangkung baik dikonsumsi untuk mencegah kesehatan pembuluh darah dan jantung Anda.

5. Menurunkan kolesterol Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa kangkung bisa menurunkan kadar kolesterol absolute dan trigliserida dalam darah.

6. Mencegah diabetes Pada sebuah penelitian tahun 2011 yang dipublikasikan melalui Jurnal Farmasi FMIPA Universitas Islam Indonesia, konsumsi kangkung terbukti menurunkan kadar gula dalam darah.

Ini menunjukkan bahwa kangkung memiliki efek antihiperglikemia dan mampu mencegah diabetes. Itu dia manfaat kangkung untuk kesehatan Anda. Apakah Anda berencana makan kangkung besok?

Posting Komentar untuk "6 Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan:Menyehatkan Jantung Sampai Mencegah Diabetes"