google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 5 Manfaat Minum Air Ketumbar di Pagi Hari, Bantu Atasi Diabetes - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Minum Air Ketumbar di Pagi Hari, Bantu Atasi Diabetes

Ketumbar adalah jenis tumbuhan rempah yang biasa digunakan untuk membumbui berbagai masakan di Indonesia. Ketumbar sendiri berasal dari tanaman Coriandrum sativum yang masih terkait dengan peterseli, wortel, dan seledri. Tak hanya melezatkan masakan, ketumbar juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.


Melansir dari Helathline, ketumbar memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, kalsium, magnesium, hingga kalium yang berfungsi efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Meski begitu, air rebusan ketumbar juga dapat memberi efek samping yang berbeda-beda pada masing-masing orang, tergantung dengan usia pengonsumsi.

Air rebusan ketumbar jika dikonsumsi di pagi hari dapat mencegah berbagai penyakit, salah satunya dapat mengontrol kolesterol. Cara mendapatkan manfaat ini cukup mudah, bisa dengan menyangrai ketumbar terlebih dahulu kemudian baru direndam semalaman. Selain itu, bisa juga dengan menyangrai ketumbar kemudian merebusnya, hal ini bisa dilakukan jika ingin mengonsumsi air rebusan dengan kondisi hangat.

1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Kolesterol merupakan zat lemak yang terdapat di dalam sel tubuh. Kadar kolesterol yang seimbang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara typical. Namun, apabila jumlah kolesterol terlalu tinggi, maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit kronis seperti terkena penyakit jantung hingga stroke.

Dilansir dari Healthline, kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, seperti memproduksi sejumlah hormon dan menghasilkan nutrient D. Meskipun dibutuhkan oleh tubuh, kolesterol dengan kadar tinggi dapat menimbulkan penyakit yang membahayakan. Oleh karena itu, mengontrol kadar kolesterol diperlukan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Salah satu cara mengontrol kolesterol yang cukup efektif adalah minum air ketumbar di pagi hari. Ketumbar memiliki sifat antioksidan yang dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah manusia. Tentu saja, manfaat ketumbar ini bisa didapatkan dengan cara mengonsumsinya setiap pagi.

2. Melancarkan Pencernaan

usah buang air besar atau konstipasi menjadi salah satu kondisi yang biasa dialami setiap orang. Biasanya, konstipasi terjadi karena usus menyerap terlalu banyak air dari kotoran atau feses. Sehingga, hal ini membuat feses menjadi kering dan susah dikeluarkan dari tubuh.

Melansir dari Mayo Clinic, sembelit withering sering terjadi ketika kotoran atau tinja berjalan terlalu lambat pada saluran pencernaan dan tidak dapat dikeluarkan secara efektif dari rektum. Selain itu, penyumbatan pada usus besar juga bisa memperlambat atau menghentikan pergerakan tinja.

Salah satu cara withering mudah mengatasi susah buang air besar adalah minum air ketumbar di pagi hari. Ketumbar memiliki kandungan antioksidan yang berperan penting untuk membantu peregangan usus. Selain itu, air ketumbar juga mampu mengatasi sindrom iritasi pada usus besar, diare, perut kembung, sembelit, dan cacingan.

3. Menjaga Kesehatan Gigi

Sakit gigi merupakan salah satu kondisi yang withering sering dialami kebanyakan orang. Tidak jarang sakit gigi membuat seseorang kesulitan makan, konsentrasi, dan tidur. Hal ini dikarenakan saat menderita sakit gigi seluruh anggota badan terasa sakit dan menimbulkan efek yang tidak nyaman.

Sakit gigi dapat disebabkan karena berbagai hal, seperti sisa makanan gigi berlubang, radang akar gigi atau gusi, gigi retak hingga abses gigi. Beberapa hal tersebut dapat menimbulkan rasa nyeri di sekitar gigi hingga menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Salah satu cara menjaga kesehatan gigi yaitu dengan mengonsumsi air ketumbar secara teratur. Kandungan sifat against bakteri pada ketumbar berperan penting untuk mencegah sakit gigi. Dengan mengonsumsi air ketumbar di pagi hari, mampu menurunkan risiko sakit gigi.

4. Mengatasi Diabetes

Manfaat minum air ketumbar di pagi hari selanjutnya, yaitu mengatasi diabetes. Kandungan serat yang tinggi pada ketumbar berperan penting untuk menurunkan kadar gula darah. Dengan minum air ketumbar di pagi hari, Anda akan mendapatkan manfaatnya secara ideal.

5. Mengatasi Peradangan tenggorokan

Manfaat minum air ketumbar di pagi hari untuk kesehatan selanjutnya, yaitu mengatasi peradangan. Kandungan antioksidan tinggi pada ketumbar berfungsi efektif untuk mengatasi peradangan.

Selain itu, air ketumbar juga dipercaya mampu meremajakan kulit dan mengatasi wajah berminyak.Tentu saja, manfaat ini bisa didapatkan dengan cara mengonsumsinya secara rutin dan teratur.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Minum Air Ketumbar di Pagi Hari, Bantu Atasi Diabetes"