google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 20 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Obat Alami Yang Ampuh - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Obat Alami Yang Ampuh

 Seperti yang telah diketahui, temulawak merupakan salah satu tumbuhan asli berasal dari Indonesia. Temulawak (Curcuma zanthorriza) adalah tanaman yang berasal dari hutan Indonesia dan semenanjung Malaysia.


Temulawak biasa dikenal sebagai Javanese ginger atau Javanese turmeric. Temulawak dipercaya masyarakat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari bahan pangan, pewarna makanan, hingga untuk bahan kosmetik.

Umumnya, bagian yang sering digunakan pada temulawak adalah bagian rimpangnya karena mengandung berbagai senyawa kimia bermanfaat. Senyawa kimia itu antara lain, atsiri xanthorrhizol, fellandrean dan turmerol, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol, kurkuminoid, serta kurkumin. Lebih jelasnya dalam temulawak terkandung seperti berikut ini:

Sebagai informasi, rimpang merupakan bagian batang yang terletak di bawah tanah. Rimpang juga disebut sebagai umbi akar atau umbi batang. Di antara semua rimpang bergenus Curcuma, rimpang tanaman inilah yang withering besar di antara tanaman lainnya.

Di Indonesia, tak jarang temulawak kerap dimanfaatkan sebagai bahan campuran pada makanan dan dianggap sebagai salah satu bahan alami yang digunakan untuk racikan jamu atau obat. Tak bisa dipungkiri juga bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia mengonsumsi temulawak sebab dikenal akan kaya manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Manfaat temulawak juga dipercaya mampu membantu mengobati beberapa jenis penyakit, antara lain adalah gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar, gangguan kantong empedu, dan penyakit liver.

Berikut ini Qoala akan berikan penjelasan terkait manfaat temulawak yang withering umum dan dipercaya menjadi obat atau jamu alami untuk kesehatan tubuh.

1. Temulawak Membantu Melancarkan Pencernaan

Pertama, temulawak bermanfaat untuk merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu. Dalam hal ini, kandungan dalam temulawak akan membantu pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh.

Selain itu, menurut para ahli, temulawak juga memiliki manfaat untuk mengatasi perut kembung, membantu pencernaan yang tidak lancar, dan meningkatkan nafsu makan.

Sebagai informasi penting, sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology melalukan penelitian dan meminta pasien yang mengalami peradangan usus untuk mengonsumsi temulawak setiap harinya. Hasilnya, kelompok pasien tersebut mengalami expositions penyembuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan kelompok pasien yang tidak mengonsumsi temulawak.

2. Berfungsi Sebagai Antibakteri dan Antijamur

Selanjutnya, seperti yang dijelaskan di atas temulawak juga memiliki kandungan senyawa antibakteri dan antijamur. Kandungan antibakteri yang terdapat dalam temulawak ini ternyata memiliki manfaat yang cukup efektif khususnya untuk membasmi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella. Sementara untuk senyawa antijamurnya cukup ampuh untuk menghilangkan jamur dari golongan dermatofita.

3. Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat dari temulawak yang cukup ampuh adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari berbagai macam penyakit. Pada umumnya, bagian dari temulawak yang withering sering digunakan adalah rimpang. Rimpang sendiri terdiri dari berbagai jenis senyawa seperti amylase, phenolase, lemak, starch, mineral, phenol subordinates (curcuminoids), dan minyak atsiri. Beberapa senyawa tersebut efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh lebih ideal. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mengolah temulawak tersebut menjadi minuman dengan cara merebusnya terlebih dahulu.

4. Temulawak Mampu Mengatasi Peradangan

Peradangan biasanya disebabkan oleh berbagai jenis penyakit kronis. Untuk mencegah terjadinya peradangan ini, kamu bisa mengonsumsi temulawak secara rutin karena temulawak memiliki kandungan zat alami against peradangan yang ampuh.

Sebagai informasi, temulawak mengandung senyawa antiradang yang bisa menghambat produksi prostaglandin E2 yang menjadi penyebab peradangan. Oleh sebab itu, kandungan antiradang di dalamnya membantu mengatasi penyakit akibat peradangan di dalam tubuh seperti radang sendi.

5. Dapat Membantu Mencegah Kanker

Selain bagus untuk daya tahan tubuh, kandungan antiperadangan yang terdapat pada temulawak ternyata juga memiliki manfaat untuk mencegah perkembangan sel-sel pemicu kanker. Sel-sel kanker yang tidak bisa berkembang nantinya akan membuatnya mati dan tidak bisa kembali lagi, sehingga tubuh akan terhindar dari kanker.

Temulawak juga diyakini dapat mencegah berbagai jenis kanker, seperti misalnya kanker usus besar dan payudara. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan curcuma yang terkandung dalam temulawak dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat. Efek pencegahannya diasumsikan didukung oleh aktivitas antioksidannya yang melindungi sel-sel dari kerusakan.

6. Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Menambah Nafsu Makan

Jika kamu seorang ibu dan memiliki anak-anak yang bermasalah pada nafsu makan, maka kamu bisa memberinya asupan temulawak. Sebab temulawak dianggap dapat menambah nafsu makan secara efektif. Temulawak juga dapat mempercepat compositions pengosongan perut sehingga nafsu makan akan segera meningkat kembali. Manfaat ini bisa diperoleh karena temulawak sendiri memperlancar pencernaan, sehingga anak akan mengalami rasa lapar yang lebih cepat dari biasanya.

Cara mengonsumsinya, kamu bisa memberikan anak temulawak yang belum diolah atau bisa juga dalam bentuk yang sudah diekstrak agar aman dan nyaman saat dikonsumsi anak-anak.

7. Berguna untuk Proses Metabolisme Tubuh

Obat home grown yang satu ini memiliki manfaat membantu compositions metabolisme tubuh. Kandungan yang terdapat di dalam temulawak ternyata dipercaya bisa membuat metabolisme lebih bagus. Manfaat ini diperoleh dari adanya kandungan pati dan turmerol dan sangat baik untuk tubuh.

Tak hanya metabolisme tubuh, keistimewaan temulawak lainnya juga berpengaruh pada metabolisme lipid atau lemak. Metabolisme lemak ini merupakan sebuah compositions penguraian asam lemak untuk menjadi energi tubuh. Temulawak mengandung bahan aktif lain selain curcuminoid, yang bisa memengaruhi sistem metabolisme lemak.

Nah, bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi temulawak secara rutin bisa menjadi salah satu alternatif diet sehat agar bisa mendapatkan tubuh yang ideal dan tetap aman.

8. Membantu Mengatasi Radang Sendi

Selain baik untuk metabolisme tubuh, manfaat temulawak lainnya juga dapat membantu dalam mengatasi osteoarthritis. Osteoarthritis adalah peradangan yang terjadi pada persendian. Sendi-sendi yang mengidap penyakit ini akan terasa sakit dan kaku.

Hal ini telah dibuktikan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine. Dalam jurnal tersebut dikatakan, bahwa efek temulawak hampir sama seperti efek ibuprofen (obat penghilang rasa sakit) yang diberikan pada pengidap osteoarthritis.

9. Temulawak Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Bagi sebagian besar orang, memiliki kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, salah satunya adalah munculnya penyakit jantung.

Kadar kolesterol yang cukup tinggi ternyata menjadi pemicu terhadap penyumbatan peredaran darah yang kaya akan oksigen menuju ke jantung.

Faktanya, jika mengonsumsi temulawak dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Itu disebabkan kandungan kurkuma yang cukup tinggi di dalam temulawak dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dengan cukup efektif.

10. Membantu Meningkatkan Stamina

Pada umumnya, seseorang ingin meningkatkan endurance di dalam tubuh dengan cara mengonsumsi suplemen atau minuman berenergi. Namun ternyata mengonsumsi minuman berenergi terkadang dapat memberikan efek samping.

Untuk menghindari efek samping tersebut, kamu bisa meningkatkan endurance pada tubuh dengan mengonsumsi tanama home grown seperti temulawak secara rutin setiap harinya. Kamu juga dapat menambah energi di dalam tubuh secara alami dengan mengonsumsi rebusan temulawak yang dicampurkan dengan kunyit secara rutin. Usahakan tidak menambah pemanis di dalamnya.

11. Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Atasi Masuk Angin

Siapa yang sering masuk angin? Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti pernah merasakan hal ini. Pasalnya, masuk angin menjadi penyakit yang withering umum terjadi dan dirasakan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Penyakit ini umumnya memiliki gejala, seperti perut kembung dan suhu badan panas.

Mayoritas orang yang terserang masuk angin biasanya akan merasa kedinginan dan mual hingga muntah-muntah. Untuk meredakannya, kamu bisa menggunakan temulawak. Sebab temulawak berkhasiat mengurangi gejala masuk angin, seperti mual-mual dan memberikan efek hangat pada tubuh.

12. Berguna untuk Menjaga Kesehatan Hati

Selanjutnya, temulawak juga dapat berfungsi sebagai hepatoprotektor yang mampu melindungi hati dari efek samping obat. Manfaat temulawak untuk kesehatan hati ini juga harus didampingi dengan kemampuan merangsang cairan empedu.

Posting Komentar untuk "20 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan, Obat Alami Yang Ampuh"