google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 13 Manfaat Daun Sirih: Obat Herbal Paling Terkenal - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Manfaat Daun Sirih: Obat Herbal Paling Terkenal

Manfaat daun sirih yang dikenal sebagai obat home grown sejak zaman kuno. Air rebusannya atasi masalah pernapasan, diabetes hingga antikanker.


Daun sirih (Piper betle) adalah daun berwarna hijau tua berbentuk hati yang termasuk dalam famili Piperaceae.

Sejak zaman kuno, masyarakat di India telah menggunakan daun sirih dalam custom keagamaan karena dianggap membawa keberuntungan.

Daun sirih umumnya dibudidayakan di Sri Lanka, India, Malaysia, Afrika Timur, kepulauan Filipina dan Indonesia. Daun sirih yang juga dikenal sebagai "paan ka patta" ini memiliki rasa yang kuat, menyengat dan aromatik serta banyak digunakan sebagai penyegar mulut.

Selain bentuk daunnya yang cantik sehingga bagus ditanam dan memperindah pekarangan rumah, daun sirih juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meredakan nyeri dan mengobati luka, mengatasi diabetes, hingga menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Penasaran dengan kecanggihan lainnya dari daun terkenal ini? Yuk, simak kandungan, manfaat, serta cara konsumsinya selengkapnya!

Kandungan Daun Sirh

Daun sirih merupakan tanaman yang mengandung kadar air yang tinggi. Sekitar 85-90% daun sirih merupakan air. Karena itulah daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Berikut ini merupakan kandungan nutrisi dalam 100 gram (g) daun sirih:

Kalori: 44 Kalori

Protein: 3-3,5%

Lemak: 0,4-1%

Iodin: 3,4 microgram (mcg)

Sodium: 1,1-4,6%

Nutrient A: 1,9-2,9 miligram (mg)

Nutrient B1: 13-70 mcg

Nutrient B2: 1,9-30 mcg

Asam nikotinat: 0,63-0,89 mg

Selain nutrisi tersebut, daun sirih mengandung minyak atsiri dan komponen kimiawi seperti minyak sirih dan chavicol, betel phenol, eugenol, terpene dan campene. Komponen kimiawi ini memiliki khasiat obat dan membantu dalam pengobatan dan penanganan berbagai penyakit

Manfaat/Khasiat Daun Sirih

Setelah mengetahui segala nutrisi yang terkandung dalam daun home grown ini, tidak heran bahwa daun sirih memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Ini dia manfaat kesehatan yang akan kamu dapatkan dari daun sirih:

1. Mengatasi Masalah Terkait Gangguan Pernapasan

Daun sirih sangat membantu dalam mengatasi masalah yang berhubungan dengan batuk dan pilek.

Daun natural ini adalah obat yang sangat baik untuk mereka yang menderita sesak dada, paru-paru tersumbat, dan asma.

2. Dapat Membantu Mengatasi Diabetes

Berbagai obat against diabetes memiliki efek samping pada hati dan ginjal dalam jangka panjang. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bubuk daun sirih kering memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar glukosa darah pada individu yang baru didiagnosa diabetes.

Orang dengan diabetes menunjukkan tingkat stres oksidatif yang tinggi karena kadar glukosa darah tinggi yang terus menerus (hiperglikemia).

Daun sirih adalah sumber antioksidan yang melawan stres oksidatif dengan membersihkan tubuh dari radikal bebas. Dengan demikian, daun sirih membantu menurunkan kadar glukosa darah tinggi dan membantu mengatasi diabetes.

3. Memiliki Sifat Antiseptik dan Antijamur

Daun sirih memiliki sifat antiseptik yang luar biasa karena kaya akan polifenol terutama chavicol yang menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Berkat hal ini, daun sirih juga digunakan dalam mengobati radang sendi dan orkitis.

Sifat antijamurnya dapat mengatasi infeksi jamur secara instan. mengaplikasikan pasta daun sirih di daerah yang terkena infeksi jamur dapat membunuh infeksi tersebut.

4. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

Penelitian telah menemukan bahwa daun sirih membantu menurunkan kadar kolesterol jahat assumed name low thickness lipoprotein (LDL). Selain itu, daun ini juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau high thickness lipoprotein (HDL).

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Mengunyah daun sirih setelah makan dianjurkan karena daun sirih mampu mengatasi perut kembung dan dapat membantu melindungi usus.

Daun sirih juga dapat meningkatkan metabolisme yang memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap nutrient dan nutrisi penting.

6. Meringankan Sembelit

Daun sirih adalah sumber antioksidan yang mampu membersihkan zat radikal berbahaya dari tubuh. Daun ini bermanfaat untuk mengembalikan tingkat PH typical dalam tubuh dan membantu mengatasi sakit perut.

7. Menangkal Kanker

Daun sirih merupakan senyawa fenolik yang memiliki sifat antioksidan, against mutagenik, hostile to proliferatif, dan against bakteri.

Studi telah mengungkap potensi kemo-preventif daun sirih melawan berbagai jenis kanker. Selain itu, daun sirih mengandung berbagai fitokimia (bahan kimia tanaman yang mempromosikan kesehatan) yang memiliki manfaat melawan kanker.

Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang menetralkan radikal bebas dan melawan stres oksidatif. Hal ini akan menghambat pertumbuhan sel kanker dan penyebarannya ke berbagai organ tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Mulut

Daun sirih mengandung banyak agen antimikroba, yang secara efektif memerangi sejumlah bakteri yang tinggal di mulut yang memicu bau mulut, masalah gigi berlubang, plak, dan kerusakan gigi.

Mengunyah sedikit pasta daun sirih setelah makan tidak hanya meningkatkan kesehatan usus, tetapi juga melawan bau mulut, serta meredakan sakit gigi, nyeri gusi, bengkak, dan infeksi mulut.

9. Meredakan Nyeri Sendi

Senyawa against inflamasi ditemukan dalam daun sirih yang sangat berguna untuk mengurangi nyeri pada persendian.

Menghangatkan seikat daun sirih segar dan mengikatnya dengan erat di sekitar tulang dan persendian yang terkena secara signifikan mengurangi intensitas nyeri, peradangan di wilayah tersebut dan mengurangi gejala joint pain.

10. Meredakan Nyeri dan Rasa Sakit

Daun sirih menawarkan bantuan instan untuk mengurangi rasa sakit. Daun sirih dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena luka, memar, dan ruam.

Buat pasta dengan daun sirih dan oleskan pada region yang terkena luka. Jus daun sirih juga dapat memberikan kelegaan dari rasa sakit di dalam tubuh.

11. Membantu Mengatasi Depresi

Depresi adalah gangguan kejiwaan yang mempengaruhi sekitar 5% populasi dunia. Penelitian telah mengungkapkan bahwa selain obat antidepresan, obat natural seperti mengunyah daun sirih telah digunakan sejak zaman dahulu untuk aktivitas stimulan sistem saraf pusat (SSP).

Lebih lanjut ditemukan bahwa mengunyah daun sirih menghasilkan perasaan bahagia dan kewaspadaan tinggi.

Daun sirih mengandung senyawa fenolik aromatik yang merangsang pelepasan katekolamin. Ada hubungan yang kuat antara rendahnya tingkat katekolamin dalam tubuh dan peningkatan risiko depresi.

Oleh karena itu, mengunyah daun sirih adalah cara mudah untuk mencegah depresi.

12. Melindungi Lambung

Penelitian telah menemukan bahwa mengunyah daun sirih adalah obat tradisional kuno yang digunakan untuk mengobati tukak lambung.

Daun sirih menghambat pembentukan lesi lambung, meningkatkan produksi mukus lambung (faktor penting yang melindungi dari maag) dan menurunkan volume sekresi asam lambung.

13. Membantu Melawan Malaria

Penelitian telah menemukan bahwa selama zaman kuno di daerah pedesaan Malaysia daun sirih digunakan sebagai obat against jungle fever.

Terpen, senyawa yang ada di daun sirih memiliki sifat against jungle fever. Flavonoid yang ada dalam daun sirih juga memiliki aktivitas against parasit yang signifikan untuk memerangi berbagai jenis parasit intestinal sickness.

Daun sirih umumnya dikonsumsi dengan cara direbus, lalu diminum air rebusannya. Manfaat dari rebusan daun sirih sangat beragam untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut ini resep rebusan daun sirih sesuai dengan keluhannya. 

Posting Komentar untuk "13 Manfaat Daun Sirih: Obat Herbal Paling Terkenal"