google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 11 Manfaat Habbatussauda: Jintan Hitam Ajaib Penangkal Penyakit - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Manfaat Habbatussauda: Jintan Hitam Ajaib Penangkal Penyakit

 Jintan hitam (Nigella sativa) atau yang biasa dikenal dengan sebutan habbatussauda merupakan tanaman dari Timur Tengah yang biasa diolah untuk jadi bumbu masakan.


Habbatussauda telah lama diandalkan menjadi salah satu 'senjata' dapur ampuh untuk meningkatkan cita rasa masakan menjadi lebih lezat. Tapi, ternyata bahan alami ini tak hanya bermanfaat untuk kuliner.

Namun, habbatussauda juga sudah lama digunakan sebagai obat home grown untuk menangani berbagai penyakit berbahaya dan diyakini memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan.

Banyaknya manfaat di dalam jintan hitam membuat orang bertanya-tanya akan kandungan yang terdapat didalamnya.

Sebelum membahas mengenai manfaatnya bagi kesehatan, berikut beberapa kandungan yang terdapat di dalam jintan hitam:

Sedikitnya terdapat sembilan asam amino esensial, arginine, serat kasar, protein, besi, kalsium, magnesium, niasin, potasium, selenium, seng, minyak atsiri, interferon, Omega 3, Omega 6, Omega 9, sapion, saponin (antiracun), sterol (sebagai sintesa dan bioaktivitas hormon), Nigellone.

Jintan hitam juga mengandung multivitamin, seperti nutrient A, nutrient B1, nutrient B2, nutrient B6, nutrient C, dan nutrient E.

Kandungan dalam habbatussauda terbukti dapat mengobati berbagai masalah kesehatan, seperti menurunkan kolesterol, meringankan gejala asma, dan bahkan dapat membunuh sel kanker. Berikut adalah daftar manfaat untuk kesehatan dari habbatussauda:

1. Mempunyai Sifat Anti Kanker

Penelitian telah menunjukan bahwa habbatussauda dapat menjadi obat hostile to kanker. Kandungan timokuinon (thymoquinone) di dalam jintan hitam dapat memberi efek antikanker dan dapat mengurangi ukuran growth ganas yang tumbuh di dalam tubuh.

2. Menurunkan Kolesterol

Habbatussauda juga dipercaya sebagai tanaman home grown yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Menurut studi, habbatussauda menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

3. Menurunkan Berat Badan

Minyak habbatussauda terbukti dapat membantu dalam menurunkan indeks massa tubuh dan mencegah obesitas. Manfaat jintan hitam ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi suplemen habbatussauda diimbangi dengan diet rendah kalori.

Hasilnya, adalah terjadi penurunan berat badan dan kadar trigliserida pada tubuh.

4. Meringankan Gejala Asma

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi habbatussauda dibarengi dengan obat asma dapat mempercepat compositions penyembuhan asma. Gejala asma seperti batuk dan sesak napas quip dapat diobati dengan mengonsumsi habbatussauda.

5. Melawan Bakteri dan Virus

Penelitian membuktikan habbatussauda dapat membasmi infection penyebab influenza, hepatitis C, dan human immunodeficiency (HIV). Efek antimikroba yang dimiliki jintan hitam membuatnya mampu melawan penyakit dengan menghambat pertumbuhan bakteri, infection, serta jamur.

6. Menutrisi Kulit

Kandungan antioksidan, Vitamin E, dan asam limonet dalam habbatussauda dapat menangkal radikal bebas dan meregenerasi sel-sel kulit secara cepat sehingga kulit quip mendapat nutrisi yang cukup dan kesehatannya terjaga.

7. Meredakan Rematik

Jintan hitam diyakini dapat membantu pengobatan rematik dan asam urat. Sebuah riset memperlihatkan bahwa pemberian minyak habbatussauda mampu mengurangi gejala rematik berupa peradangan dan pembengkakan sendi.

8. Melindungi Hati

Hati merupakan organ imperative yang harus dijaga agar tetap berfungsi dengan baik. Beberapa riset dilakukan pada hewan bahwa biji jintan dapat membantu melindungi hati terhadap cedera dan kerusakan.

9. Mengurangi Peradangan

Peradangan merupakan penyakit yang perlu diwaspadai. Sebab, peradangan kronis dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan diabetes. Habbatussauda diketahui memiliki hostile to inflamasi yang kuat yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda peradangan.

10. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Ekstrak jintan hitam sering digunakan untuk mengurangi gas dalam perut serta meredakan rasa kembung karena kandungan minyak atsiri pada habbatussauda dapat memperbaiki gangguan pada sistem pencernaan.

11. Menjaga Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh dapat memicu komplikasi seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal, dan lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji jintan hitam dapat membantu menjaga gula darah menjadi stabil sehingga dapat mencegah komplikasi dan penyakit serius akibat dari gula darah yang tinggi.

Posting Komentar untuk "11 Manfaat Habbatussauda: Jintan Hitam Ajaib Penangkal Penyakit"