google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 10 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Dan Kasiatya - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Dan Kasiatya

 Ada beberapa manfaat wortel yang diyakini ahli bukan hanya untuk menjaga kesehatan mata, namun juga bisa menurunkan bobot, hingga mencegah kanker. Ini karena wortel merupakan salah satu sayuran tinggi nutrient dan antioksidan.


Manfaat wortel yakni menurunkan bobot, menjaga jantung, hingga mencegah jenis kanker tertentu

Wortel kaya dengan nutrient dan mineral, termasuk nutrient yang dapat bertindak sebagai molekul antioksidan

Kandungan wortel yang penuh gizi

Manfaat wortel untuk hidup yang penuh warna

Wortel adalah salah satu makanan sehat jenis sayuran yang tinggi nutrient dan baik untuk kesehatan mata. Kandungan gizi wortel termasuk serat, nutrient, dan mineral. Beberapa zat gizi pada wortel tersebut, juga ada yang bertindak sebagai molekul antioksidan, sehingga manfaat wortel untuk kesehatan sangat banyak.

Kandungan wortel yang penuh gizi

Menurut Kementerian Kesehatan RI, dalam 100 gram wortel segar, kandungan gizi wortel adalah sebagai berikut:

Energi: 36 kkal

Protein: 1 gram

Lemak: 0,6 gram

Karbohidrat: 7,9 gram

Serat: 1 gram

Nutrient A: 7,1 mikrogram

Nutrient B1: 0,04 miligram

Nutrient B2: 0,04 miligram

Nutrient B3: 1 miligram

Nutrient B6: 0,012 miligram

Nutrient B9: 15 mikrogram

Nutrient B5: 0,28 mikrogram

Nutrient C: 18 miligram

Nutrient K: 13.6 mukrogram

Kalsium: 45 miligram

Fosfor: 74 miligram

Besi: 1 miligram

Natrium: 70 miligram

Kalium: 245 miligram

Tembaga: 0,06 miligram

Zinc: 0,3 miligram

Sebagai jenis sayuran, kalori wortel terhitung sedikit. Namun, wortel mengandung nutrient C dan antioksidan yang tinggi.

Wortel juga kaya dengan beragam jenis senyawa khas tumbuh-tumbuhan. Beberapa jenis senyawa tumbuhan dalam wortel, yaitu:

Beta-karoten: Wortel oranye sangat kaya dengan beta-karoten. Kandungan beta karotennya dapat diubah tubuh menjadi nutrient A setelah dikonsumsi. Penyerapan beta-karoten akan lebih maksimal jika wortel dimasak terlebih dahulu.

Alfa-karoten: Seperti beta-karoten, sebagian alfa-karoten juga bisa diubah tubuh menjadi nutrient A.

Lutein: Lutein menjadi salah satu zat antioksidan yang umum ditemukan di wortel. Senyawa ini berperan penting untuk kesehatan mata.

Likopen: Juga menjadi senyawa tumbuhan yang memiliki efek antioksidan, likopen dikaitkan dengan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung.

Antosianin: Merupakan senyawa antioksidan yang umum ditemukan dalam wortel berwarna gelap.

Polyacetylene: Polyacetylene merupakan senyawa bioaktif yang berpotensi untuk mencegah leukemia dan beberapa jenis kanker lain.

Manfaat wortel untuk hidup yang penuh warna

Senyawa karotenoid dalam wortel, seperti beta-karoten dan alfa-karoten, menjadi zat gizi kunci yang dipercaya ahli untuk kesehatan, termasuk untuk melawan kanker. Manfaat sayuran wortel lainnya juga bersumber pada kandungan nutrient, termasuk nutrient C dan A.

Tak bisa Anda lewatkan, ini dia manfaat wortel untuk kesehatan tubuh:

1. Menurunkan risiko kanker prostat

Para ahli menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi karotenoid dengan penurunan kanker prostat, sehingga manfaat wortel ini tentu tak bisa diabaikan. Walau begitu, riset lanjutan masih sangat diperlukan, untuk menggali hubungan sebab-akibatnya.

2. Melawan kanker usus besar

Menurut ahli di Jepang, rajin mengonsumsi beta-karoten dapat menurunkan risiko kanker kolorektal. Kanker kolorektal adalah kanker yang tumbuh di usus besar bagian akhir, atau pada bagian usus besar yang dekat ke rear-end.

3. Mengurangi risiko leukemia

Penyakit leukemia terjadi karena akibat produksi sel darah putih (leukosit) yang strange dan berlebihan. Manfaat wortel lainnya yang dipercaya ahli yakni mengurangi risiko terhadap penyakit tersebut.

Berdasarkan sebuah studi, rutin mengonsumsi jus wortel dapat mengurangi risiko leukemia, serta menghambat perkembangannya.

4. Menjaga kesehatan mata

Tak hanya kaya akan karotenoid, wortel juga mengandung nutrient A. Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, nutrient A sangat bermanfaat untuk mata.

Manfaat wortel untuk kesehatan

Wortel sudah dikenal mampu menjaga kesehatan mata

Manfaat wortel untuk kesehatan mata berasal dari nutrient A yang dapat mencegah kebutaan pada anak-anak, atau xerophthalmia, yang merupakan penyakit mata progresif penyebab kebutaan di malam hari.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Wortel juga memiliki potensi manfaat untuk meningkatkan sistem imun, karena nutrient C yang terkandung di sayuran ini. Dengan demikian, wortel diyakini mampu melawan infeksi. Tak hanya itu, nutrient C juga mencegah keparahan pilek.

6. Menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah

Mengonsumsi makanan berserat tinggi, serta mencukupi kebutuhan kalium, dapat melindungi jantung Anda, serta menjaga tekanan darah. Di sinilah khasiat dan manfaat wortel yang sangat potensial, karena sayuran ini kaya dengan serat serta kalium.

7. Mencegah diabetes

Wortel mengandung molekul-molekul antioksidan, yang dipercaya dapat mengendalikan gula darah. Selain itu, indeks glikemik sayuran oranye ini tergolong rendah, yakni 39.

8. Menurunkan kolesterol

Tak hanya tekanan darah tinggi yang dapat menjadi pemicu penyakit jantung. Kolesterol yang tinggi joke dapat menyumbat pembuluh darah jantung, sehingga harus bisa Anda kendalikan.

Khasiat dan manfaat wortel yang potensial juga dipercaya untuk membantu Anda, agar kolesterol tak menjadi gangguan pada sistem pembuluh darah.

9. Mengurangi bobot

Bagi Anda yang saat ini tengah berusaha menurunkan berat badan, rutin mengonsumsi wortel dapat menjadi cara mudah. Manfaat wortel untuk pencernaan ini karena memiliki kalori yang tergolong sedikit, serta dapat memberikan sensasi mengenyangkan.

Manfaat wortel untuk kuruskan berat badan

Jika tengah berjuang kuruskan badan, konsumsi wortel dapat dilakukan

Dengan demikian, mengganti wortel untuk diet, serta menjadikannya sebagai camilan sehat, dapat Anda terapkan.

10. Aman untuk penderita asam lambung

Wortel adalah salah satu sayuran yang aman untuk asam lambung. Ini karena wortel termasuk ke dalam jenis sayuran akar yang tidak mengandung gas, sehingga aman untuk lambung.

Wortel memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk kesehatan, serta tergolong aman untuk dikonsumsi. Permasalahan yang mungkin muncul, yakni konsumsi wortel mungkin menimbulkan alergi bagi beberapa orang, serta adanya potensi kontaminasi dari tanah yang tercemar logam.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter seputar manfaat sayuran bergizi lainnya.

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Dan Kasiatya"