google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil yang Sayang Dilewatkan - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil yang Sayang Dilewatkan

 Buah manggis dikenal kaya akan manfaat bagi kesehatan, mulai dari daging buahnya, biji, bahkan kulit buah manggis dikenal memiliki efek yang baik bagi tubuh. Lalu, bagaimana dengan manfaat buah manggis untuk ibu hamil?


Manggis (Garcinia mangostana) merupakan salah satu jenis buah yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Manfaat manggis untuk ibu hamil bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi menu makanan.

Di balik rasanya yang manis, buah manggis juga mengandung nutrisi penting selama kehamilan, seperti serat, dan antioksidan unik yang bermanfaat bagi ibu hamil

Kandungan nutrisi buah manggis

Bolehkah ibu hamil makan manggis? Ya, makan manggis saat hamil aman untuk dilakukan, bahkan disarankan selama kehamilan. Ibu hamil boleh makan manggis tak lepas dari kandungan nutrisi buah ini yang penting untuk kehamilan.

Dalam 196 gram atau setara 1 cangkir manggis kalengan yang dikeringkan, mengandung nutrisi seperti berikut:

Kalori: 143

Karbohidrat: 35 gram

Serat: 3,5 gram

Lemak: 1 gram

Protein: 1 gram

Nutrient C: 9% dari (RDI)

Nutrient B9 (folat): 15% dari RDI

Nutrient B1 (tiamin): 7% dari RDI

Nutrient B2 (riboflavin): 6% dari RDI

Mangan: 10% dari RDI

Tembaga: 7% dari RDI

Magnesium: 6% dari RDI

Selain itu, ibu hamil makan manggis juga bisa menjadi solusi pemenuhan nutrisi serat selama kehamilan.

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil

Buah manggis adalah salah satu buah-buahan yang baik untuk ibu hamil, karena mengandung nutrisi penting seperti serat, karbohidrat, asam folat, hingga nutrient C. Selain itu, pada dasarnya, manggis dipercaya mengandung sifat antioksidan, antibiotik, dan antivirus yang tinggi.

Berdasarkan kandungannya, berikut beberapa manfaat manggis untuk ibu hamil:

1. Melancarkan pencernaan

Masalah pencernaan kerap menjadi keluhan yang banyak diserukan oleh para ibu hamil. Namun, makan manggis bisa memperkecil kemungkinan Anda terkena masalah pencernaan seperti sembelit karena buah ini mengandung serat alami yang dapat menyehatkan sistem pencernaan.

Buah manggis juga dapat memicu aktivitas bakteri baik di dalam tubuh sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil yang sedang menderita diare maupun terkena infeksi saluran kemih. Meski demikian, manfaat manggis untuk ibu hamil ini harus diteliti lebih lanjut.

2. Menyehatkan sistem imun

Manfaat manggis untuk ibu hamil ini didapat dari kandungan serat dan nutrient C di dalamnya. Serat merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan dalam sistem imun, sedangkan nutrient C dapat mengoptimalkan kinerja sel-sel yang mendukung sistem imun di dalam tubuh.

Selain itu, sifat antibakteri yang dimiliki buah manggis juga dapat melawan bakteri yang masuk ke tubuh sehingga tidak sampai ke janin. Meski demikian, khasiat ini masih harus diteliti lebih dalam.

3. Menstabilkan kadar gula darah

Beberapa ibu hamil tidak jarang mengalami diabetes gestasional assumed name diabetes yang hanya terjadi selama masa kehamilan. Mengonsumsi manggis dipercaya dapat menurunkan risiko ini karena kandungan antioksidan unik dalam buah manggis yang bernama xanthone.

Kandungan serat juga dapat memainkan manfaat manggis untuk ibu hamil yang satu ini. Pasalnya, serat dalam mengontrol kadar gula darah dan mengurangi kemungkinan terjadinya resistensi insulin, namun klaim ini masih harus diteliti lebih lanjut.

4. Menyehatkan janin

Manfaat buah manggis bukan hanya akan dirasakan oleh ibu hamil, melainkan juga bayi yang dikandungnya. Salah satu kandungan buah manggis adalah folat yang dapat mencegah kelainan bawaan, seperti kelainan otak dan sumsum tulang belakang.

Nutrisi ini juga bisa membantu mencegah bayi mengalami cacat lahir, seperti anensefali dan spina bifida. Namun, Anda tetap harus minum suplemen asam folat untuk mencukupi kebutuhan folat selama masa kehamilan.

Selain folat, buah manggis juga mengandung mangan, nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu pembentukan sistem tulang pada janin. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah manggis juga berfungsi mencegah terjadinya kerusakan sel pada janin.

5. Mencegah kanker

Manggis dikenal sebagai buah kaya xanthone, senyawa yang bermanfaat sebagai against kanker. Dikutip dari jurnal U.S National Library of Medicine, kandungan xanthone adalah senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di tubuh selama masa kehamilan. Selain itu, senyawa xanthone juga bermanfaat untuk menghasilkan against inflamasi, antikanker, antipenuaan, dan antidiabetik.

6. Tinggi antioksidan untuk mencegah penyakit

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil lainnya adalah menjadi sumber antioksidan alami. Buah ini mengandung antioksidan yang unik, senyawa yang dapat menetralkan efek merusak dari molekul yang berpotensi berbahaya atau radikal bebas, yang bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis.

7. Mencegah paleness

Buah manggis juga bisa mencegah penyakit paleness selama kehamilan. Kandungan nutrisi zat besi, asam folat, hingga nutrient B12 di dalamnya dapat membantu mengatur sel darah, sehingga mencegah paleness pada ibu hamil.

8. Mengontrol kolesterol

Manfaat buah manggis untuk ibu hamil yang baik untuk pembuluh darah dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Makan manggis saat hamil dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Selain itu, jumlah kalium dalam buah manggis yang tinggi juga dapat menyeimbangkan kadar natrium dan tekanan darah.

9. Merawat kulit secara alami

Saat hamil, Anda tidak diperbolehkan menggunakan produk kosmetik maupun perawatan kulit berbahan kimia berbahaya untuk menjaga kesehatan janin. Itulah mengapa makan manggis bisa menjadi salah satu perawatan kulit secara alami yang bisa dipilih ibu hamil.

Dikutip dari penelitian, seorang yang mengonsumsi buah manggis diketahui mengalami lebih banyak elastisitas pada kulit dan mencegah penuaan kulit. Dapat dipastikan bahwa kandungan antioksidan dan against inflamasi manggis adalah alasan utama efek nutrisi kulit ini.

10. Mencegah preeklampsia

Preeklampsia adalah komplikasi kehamilan yang bisa menyebabkan keguguran, cacat janin, kelahiran prematur, hingga kematian janin. Mengonsumsi buah manggis diketahui dapat menurunkan risiko ibu hamil terkena preeklampsia, karena mampu mempengaruhi tekanan darah dan menyerap protein di dalam darah.

Tips mengonsumsi buah manggis untuk ibu hamil

Mendapatkan manfaat buah manggis untuk ibu hamil tidak sulit. Anda bisa mengonsumsi buah ini secara langsung atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen. Namun, jika ingin mengonsumsi suplemen buah manggis, pastikan Anda sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Selain itu, hindari mengonsumsi buah manggis secara berlebihan. Seperti halnya buah lain, tetap ada kemungkinan Anda mengalami reaksi alergi setelah makan buah manggis yang biasanya ditandai dengan rasa gatal di lidah atau sekitar mulut.

Sebaiknya makan buah manggis segar yang sudah matang dan tidak keras, untuk menghindari risiko terdapatnya bakteri atau parasit yang berbahaya untuk ibu hamil.

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Manggis untuk Ibu Hamil yang Sayang Dilewatkan"