google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Beragam Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil, Jangan Sampai Kelewatan - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beragam Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil, Jangan Sampai Kelewatan

 Pir termasuk bahan pangan yang baik untuk disantap selama kehamilan. Manfaat buah pir untuk ibu hamil mulai dari melancarkan pencernaan, menambah energi, hingga meringankan stres.


Manfaat buah pir untuk ibu hamil sangat beragam, dari cegah sembelit hingga kurangi stres

Manfaat buah pir untuk ibu hamil tak perlu diragukan lagi

Bolehkah ibu hamil makan buah pir?

Ragam manfaat buah pir untuk ibu hamil

Konsumsi buah sangatlah penting untuk kehamilan yang sehat. Bahan pangan ini termasuk sumber alami nutrient, mineral, serta serat. Salah satunya buah pir. Ibu hamil makan buah pir kerap dikhawatirkan karena dinilai tinggi gula. Padahal, manfaat buah pir untuk ibu hamil sangat banyak berkat serat dan beragam kandungan vitaminnya. Mulai dari nutrient A, C, K, hingga B9 (folat).

Tidak hanya itu, berbagai mineral juga melengkapi nutrisi buah manis ini. Sebut saja fosfor, kalium, zat besi, zinc, juga kalsium. Tak heran bila buah pir bisa menjadi pilihan camilan pola makan sehat ketika mengandung.

Perkembangan Janin 5 Bulan: Saat Wajah Si Kecil Mulai Terbentuk

Inilah Obat yang Aman untuk Ibu Hamil Tanpa Efek Samping

Penyebab Mata Kering Saat Hamil, Apa Saja?

Bolehkah ibu hamil makan buah pir?

Buah pir untuk ibu hamil aman dikonsumsi, bahkan disarankan selama kehamilan. Pasalnya, buah ini rendah kalori dan tinggi nutrisi.

Namun saat mengonsumsinya, pastikan buah pir sudah dicuci secara bersih untuk menyingkirkan patogen berbahaya, seperti penyebab penyakit toksoplasmosis hingga listeriosis.

Ibu hamil bisa makan sekitar 1-2 buah pir berukuran sedang setiap hari. Sebaiknya, ibu hamil tidak makan buah pir secara berlebihan, atau lebih dari dua kali sehari.

Pasalnya, makan pir berlebihan bisa menyebabkan masalah lambung, diare, dan muntah. Selain itu, pastikan mengonsumsi buah pir yang sudah matang dan tidak mentah.

Ragam manfaat buah pir untuk ibu hamil

Buah pir adalah salah satu buah yang baik untuk ibu hamil karena mengandung nutrisi penting selama kehamilan. Berikut adalah sejumlah manfaat pir untuk ibu hamil yang tidak boleh dilewatkan:

1. Meningkatkan sistem imun dan melawan infeksi

Kehamilan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga ibu hamil rentan terserang infeksi. Misalnya, influenza dan pilek.

Pir dapat membantu dalam menguatkan sistem imun sang ibu, menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya infeksi. Pasalnya, buah ini kaya nutrient C.

Dalam satu buah pir, terdapat sekitar 10 mg nutrient C. Jadi, konsumsi satu buah pir tiap harinya dapat memenuhi sekitar 10 persen dari asupan nutrient C harian yang disarankan.

2. Melancarkan pencernaan

Salah satu kondisi umum yang dialami saat kehamilan adalah sembelit atau susah buang air besar. Konsumsi suplemen zat besi selama kehamilan menjadi salah satu penyebab kondisi ini.

Namun suplemen zat besi memang dibutuhkan oleh wanita yang sedang mengandung agar janinnya sehat. Untuk menyiasati sembelit akibat suplemen ini, Anda dapat memetik manfaat buah pir untuk ibu hamil. Apa alasannya?

Pir tinggi akan serat sehingga dapat membantu ibu hamil dalam melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Satu buah pir saja bisa mengandung 7 gram serat.

3. Menambah energi

Ibu hamil cepat merasa lelah sehingga membutuhkan lebih banyak energi. Meski begitu, konsumsi karbohidrat dan gula terlalu banyak juga tidak baik karena dapat memicu kenaikan berat badan berlebih hingga diabetes kehamilan.

Di sinilah, manfaat buah pir untuk ibu hamil bisa menjadi solusi. Dalam satu buah pir, terkandung 143 kalori.

Kalori pir tersebut terdiri dari gula alami, yaitu glukosa dan fruktosa. Gula alami ini tidak hanya bisa menambah energi ibu hamil, tapi juga memuaskan seperti mengonsumsi makanan manis.

Terlebih, buah pir kaya akan serat sehingga tinggi kalori yang disantap bisa lebih mengenyangkan.

4. Berpotensi meningkatkan asupan asam folat

Asam folat adalah salah satu nutrisi wajib untuk ibu hamil, terutama selama trimester pertama. Pasalnya, asam folat penting untuk mencegah cacat lahir seperti kelainan pada struktur otak dan tulang belakang.

Namun tidak banyak makanan yang mengandung asam folat, sehingga ibu hamil sering disarankan untuk mengonsumsi suplemen asam folat.

Meski sudah mengonsumsi suplemen, tidak ada salahnya bila Anda menambah konsumsi asam folat dari makanan alami yang sehat seperti buah pir.

Kandungan asam folat dalam buah ini memang tidak berlimpah, hanya sekitar 14 mikrogram. Tapi kandungan tersebut tetap bermanfaat untuk janin, bukan?

5. Meringankan stress

Kehamilan terkadang bisa memicu stres pada ibu hamil. Sebagai salah satu langkah untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi buah pir

Pir tergolong sebagai antidepresan ringan dan alami yang bisa dicoba. Rasa tertekan dan stres joke dapat berkurang dengan memetik manfaat buah pir untuk ibu hamil.

6. Menyehatkan jantung hingga tulang

Dalam 100 gram buah pir menawarkan 116 mg kalium. Kalium merupakan termasuk mineral penting untuk fungsi jantung ibu hamil dan janin. Mineral ini joke dapat membantu regenerasi sel yang juga krusial selama kehamilan.

Selain kalium, pir juga mengandung sekitar 16 mg kalsium. Mineral ini bagus untuk pertumbuhan gigi dan tulang pada janin.

Selain kebaikan-kebaikan di atas, manfaat buah pir untuk ibu hamil juga dapat berupa meringankan mual dan muntah selama kehamilan. Buah ini joke kaya akan tanin, sehingga dapat membantu Anda untuk mengeluarkan racun dengan lebih baik.

7. Menjaga kadar gula darah

Meski memiliki rasa yang manis, buah pir hijau memiliki indeks glikemik yang rendah. Kandungan rendah glikemiknya ini sangat baik untuk pembuluh darah ibu hamil yang memiliki penyakit kadar gula darah berlebih atau kencing manis, sehingga bisa mengontrol kadar gula darah selama kehamilan.

8. Mencegah terjadinya cacat janin

Buah pir mengandung tinggi nutrient B6 yang bisa mencegah cacat janin. Nutrient B6 ini juga membantu pertumbuhan jaringan saraf janin dan membuat tubuh tetap sehat dengan mengatur respon imun terhadap infeksi.

9. Sumber nutrient A

Buah pir adalah sumber nutrient An alami yang baik untuk ibu hamil. Nutrient An adalah nutrisi yang penting selama kehamilan, karena bisa membantu membangun sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan dan perkembangan mata janin, hingga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin. Misalnya, membantu perkembangan sistem pernapasan, sistem saraf, hingga sistem peredaran darah.

10. Mencegah penyakit kanker

Buah pir mengandung tinggi serat yang dapat mengikat dan membuang zat karsinogenik, pemicu timbulkan kanker, seperti kanker usus besar. Selain itu, penelitian menyebutkan, mengonsumsi buah pir hijau sebanyak 1 buah setiap hari dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara sebanyak 34 persen pada wanita yang telah memasuki masa menopause.

 11. Sumber Nutrisi Terbaik untuk Ibu Hamil dan Standar Kebutuhan Gizi 

Manfaat buah pir untuk ibu hamil sangat berperan penting, mulai dari meningkatkan sistem imun, meringankan stres, hingga menambah energi selama kehamilan.

Para wanita yang sedang mengandung dianjurkan untuk mengonsumsi 1-3 buah pir ukuran kecil atau sedang setiap harinya.

Namun perlu diingat bahwa buah manis ini tak boleh dikonsumsi saat perut kosong. Anda perlu menyantap buah kaya air tersebut setelah makan agar tidak mengalami gangguan pencernaan. Namun jangan lupa untuk selalu mencuci buah melon sebelum dikonsumsi.

Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter kandungan terlebih dulu supaya konsumsi buah pir tetap aman dan memberikan manfaat ideal pada kehamilan Anda.

Posting Komentar untuk "Beragam Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil, Jangan Sampai Kelewatan"