google.com, pub-3087982365424075, DIRECT, f08c47fec0942fa0 11 Manfaat Belimbing Wuluh: ‘Si Mungil’ Ampuh Obati Batuk? - Salhinesia
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Manfaat Belimbing Wuluh: ‘Si Mungil’ Ampuh Obati Batuk?

 Belimbing wuluh kaya akan antioksidan yang bermanfaat banyak bagi kesehatan. Hampir semua bagian dari tanamannya dapat dimanfaatkan sebagai obat. Untuk lebih lengkapnya, simak manfaat belimbing wuluh berikut ini:


1. Sebagai Antibiotik

Getah dari daun dan batang muda belimbing wuluh biasa digunakan sebagai obat tradisional. Ini digunakan untuk mengurangi bengkak, gatal, rematik, dan gigitan serangga.

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu menghaluskan 3-4 siung bawang putih, daun, dan batang muda belimbing wuluh. Kemudian haluskan sampai menjadi pasta. Lalu, oleskan pada region yang bermasalah.

Efek astringent dari getah belimbing wuluh akan mengurangi nyeri dan pembengkakan pada region tersebut.

2. Mengontrol Diabetes

Belimbing wuluh dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah. Ini karena kandungan serat dan flavonoid dalam blimbi dapat mencegah lonjakan kadar glukosa darah secara tiba-tiba setelah kamu makan.

Untuk mendapatkan khasiat ini, kamu bisa minum jus buah belimbing wuluh secara rutin atau membuat air rebusan bilimbing

Cara membuat air rebusan ini mudah, kamu hanya perlu merebus 2 buah bilimbi yang dihaluskan dengan 1 gelas air. Lalu tunggu setengah airnya menguap. Setelah selesai tiriskan. Air rebusan ini bisa kamu minum 2 kali sehari.

3. Mengobati Alergi

Alergi biasanya disebabkan karena adanya hipersensitivitas sistem imun tubuh terhadap hal-hal tertentu. Seperti, makanan, obat-obatan, udara dan lainnya.

Reaksi dari alergi joke bermacam-macam, ada yang mengalami gatal, mata merah, pilek, gangguan pernapasan, atau bahkan gejala serius lainnya.

Untuk itu, kamu bisa minum jus belimbing wuluh secara rutin untuk membantu mengurangi alergi yang kamu miliki lho, 

4. Mengatasi Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat memicu berbagai penyakit. Selain itu, obesitas juga dapat membuat rambut dan kulit terlihat kusam dan tua.

Untuk itu, masyarakat asli India seringkali menjadikan belimbing wuluh sebagai obat tradisional yang dapat mengontrol obesitas.

Mereka menilai bahwa bilimbi mengandung zat hostile to hiperlipidemia yang dapat mencegah penambahan berat badan.

5. Mengontrol Hipertensi

Kandungan protein dan antioksidan dalam belimbing wuluh menjadikannya sebagai obat tradisional untuk menurunkan darah tinggi atau mengontrol hipertensi.

Mengonsumsi rebusan buah bilimbi akan sangat membantu menurunkan tekanan pada pembuluh darah. Ini bekerja dengan cara melebar arteri, kapiler, dan vena, serta mengendurkan otot jantung.

Kamu bisa minum rebusan air buah bilimbi setiap pagi untuk mendapatkan hasil yang baik.

6. Mengatasi Demam, Flu dan Batuk

Belimbing wuluh kaya akan nutrient C yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

Untuk itu, belimbing wuluh sudah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati demam, batuk, dan pilek karena alergi atau perubahan musim.

Selain buahnya, ternyata bunga buah bilimbi juga dapat digunakan untuk mengobati batuk dan pilek, lho.

7. Mengatasi Wasir

Daun buah belimbing sayur ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi teh.

Teh daun bilimbi ini akan bermanfaat bagi kamu yang menderita masalah wasir. Daun bilimbi memiliki sifat against inflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan.

Untuk itu, minum teh daun bilimbi akan membantu kamu mengurangi rasa sakit dan pendarahan akibat wasir.

8. Mengobati Jerawat

Belimbing wuluh memiliki kandungan nutrient A dan asam oksalat yang tinggi. Kedua kandungan ini dapat membantu meredakan peradangan pada jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menjadikan belimbing wuluh sebagai masker wajah.

Caranya joke cukup mudah, kamu hanya perlu menghaluskan satu belimbing wuluh. Kemudian oleskan belimbing wuluh halus ke wajah secara merata. Diamkan 5-10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

9. Mengobati Penyakit Kelamin

Di Malaysia, buah dan daun belimbing wuluh sering digunakan untuk membantu mengobati penyakit kelamin atau penyakit menular seksual.

Ini dilakukan dengan cara meminum air rebusan buah dan daun bilimbi yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahari.

Untuk membuat air rebusan ini, kamu bisa merebus beberapa buah dan daun bilimbi yang sudah dikeringkan dengan 3 gelas air. Kemudian tunggu sampai setengah airnya menguap. Kamu bisa meminum rebusan ini 2 kali sehari.

10. Membantu Mengatasi Gondongan

Gondongan adalah penyakit yang disebabkan oleh infection gondongan. Infection ini biasanya akan menyerang salah satu kedua kelenjar ludah parotis.

Penyakit ini akan menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada kelenjar parotis.

Untuk mengurangi pembengkakan akibat gondangan, kamu bisa mengoleskan pasta yang terbuat dari bawang putih, daun, dan batang muda belimbing wuluh.

11. Mengatasi Sendi Bengkak

Daun belimbing wuluh memiliki sifat analgesik dan against inflamasi yang dapat membantu mengatasi persendian yang bengkak, kaku, dan pegal.

Kamu hanya perlu mengoleskan pasta atau tapal yang terbuat dari daun belimbing wuluh ke region sendi yang bengkak.

Selain itu, teh daun belimbing sayur juga bisa membantu menghilangkan bengkak pada sendi dari dalam lho, 

Posting Komentar untuk "11 Manfaat Belimbing Wuluh: ‘Si Mungil’ Ampuh Obati Batuk?"